Bupati Pacitan: Jauhkan Remaja dari Ancaman Narkoba

oleh -Dibaca 817 kali

Pacitanku.com, PACITAN – Sebagai bentuk keprihatinan akan generasi muda yang terancam bahaya narkoba, Bupati Pacitan Drs H Indartato, MM meminta kepada semua pihak terkait untuk menjauhkan kalangan remaja dari ancaman Narkoba.

Hal tersebut disampaikan oleh Indartato saat menyampaikan sambutannya dalam agenda seminar bahaya penyalagunaan Narkotika, Alkohol , Psikotropika dan Zat adiktif lain (NAPZA), Kamis (19/11/2015) di Gedung Karya Dharma, Jalan Jaksa Agung Suprapto  Nomor 8 Pacitan.

Menurut Indartato,   sosialisasi bahaya narkoba harus selalu dilakukan agar generasi muda tidak terjerumus dalam jeratan obat-obatan terlarang.

“Meski di Pacitan sendiri penyalahgunaan narkoba tidak separah kota-kota besar, namun patut selalu diwaspadai, sehingga jauhkan remaja dari ancaman narkoba karena hal itu hanya akan merusak mental generasi,” jelasnya.

Lebih lanjut, Indartato menyampaikan bahwa dengan adanya seminar semacam ini maka akan menumbuhkan pemahaman remaja akan bahaya penyalahgunaan narkoba. “Meski hanya terbatas namun dapat menularkan ilmu yang didapat kepada teman dan lingkunganya,” katanya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Dr. Harsono dalam agenda yang sama menyampaikan bahwa saat ini ancaman penyalahgunaan Narkoba saat ini kian mengkhawatirkan. Tidak hanya pada kalangan usia dewasa namun sasaran obat-obatan terlarang itu kini telah mengancam anak anak.

Kondisi tersebut, imbuh Harsono, sangat berbahaya bagi kelangsungan generasi muda. Sebagai generasi penerus, remaja merupakan aset bangsa yang harus dilindungi dari ancaman Narkoba.

“Pengguna obat-obatan terlarang di Jawa timur memiliki tren peningkatan, tahun 2014 pengguna anak-anak setingkat SD sebanyak 425, kemudian naik menjadi 477 tahun berikutnya, selanjutnya pada usia SMP tahun 2014 sebanyak 610, naik menjadi 666 tahun 2015. Sedangkan usia SLTA mengalami penurunan dari 1.707 ditahun 2014 menjadi 1.592,” bebernya.

Sebagai informasi, Seminar bahaya penyalahgunaan NAPZA ini digelar dalam rangka peringatan hari kesehatan nasional (HKN) di Kabupaten Pacitan. Dalam kesempatan tersebut, hadir sebagai narasumber Dr. Soubar Isman, SH, MH, MBA Msc (Kepala Badan Penanggulangan Teroris Provinsi Jatim) serta Dr. Agus Aji Fauzi PGD Pall Medicine (Kepala Instalasi Pallatit dan Bebas Nyeri RSUD Dr. Soetomo Surabaya).

Selain seminar Peringatan HKN juga digelar bakti sosial kesehatan yang dipusatkan di alun-alun Pacitan. Agenda puncak peringatan HKN juga akan digelar  pertemuan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) se-Kabupaten Pacitan dan delegasi dari Jawa Timur di kompleks Pantai Buyutan, Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Jumat (20/11) dan Sabtu (21/11). Rencananya, pertemuan Puskesmas tersebut akan dihadiri Wakil Gubernur (Wagub) Jatim Saifullah Yusuf. (RAPP002)