Demokrat Targetkan Kemenangan 30 Persen di Pilkada Jatim

oleh -Dibaca 697 kali

Pacitanku.com, PONOROGO – Anggota Fraksi Partai Demokrat DPR RI, Sartono Hutomo menegaskan partainya menargetkan kemenangan minimal 30 persen atau sepertiga dari total 19 kabupaten/kota di Jawa Timur yang mengikuti pemilihan kepala daerah serentak 9 Desember 2015.

“Target 30 persen adalah amanah kongres. Kami berharap bisa memenuhi target itu, syukur-syukur jika bisa lebih,” kata anggota Fraksi Demokrat DPR RI saat melakukan kunjungan kerja di Ponorogo, Jawa Timur, Senin (9/11/2015) kemarin.

Sartono menegaskan, Partai Demokrat memiliki komitmen untuk menghasilkan kepala daerah yang berkualitas.
Oleh karenanya, lanjut dia, faktor elektabilitas dan kapasitas kemampuan calon kepala daerah yang diusung ataupun didukung di setiap daerah penyelenggara pilkada menjadi prioritas partai berlambang mercy tersebut.

“Partai ini dibuat untuk menjadikan kader yang elektabilitasnya dan kapasitasnya baik. Calon yang masuk ada dari partai demokrat, namun juga ada yang dari luar demokrat, namun kita usung,” katanya.

Sartono menambahkan, daerah yang menjadi lumbung suara Demokrat berada di seluruh wilayah Indonesia. Ia menegaskan, Partai Demokrat tidak akan fokus di satu daerah saja dan mengabaikan daerah lainnya.

Ia mencontohkan daerah-daerah yang ada di sebagian wilayah eks-Karesidenan Mataraman yang berada di daerah pemilihan (Dapil VII). Di daerah tersebut, kata Sartono, setidaknya ada tiga daerah yang diyakini bisa dimenangi calon yang diusung maupun didukung Partai Demokrat, seperti Kabupaten Pacitan, Trenggalek dan Ponorogo.

Sartono mengklaim elektabilitas calon yang diusung partainya di tiga kabupaten itu sangat kuat, terutama di Kabupaten Pacitan yang merupakan tempat kelahiran pendiri Partai Demokrat sekaligus Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono.

“Untuk wilayah Pacitan, Trenggalek, dan Ponorogo saya optimistis calon yang diusung demokrat bakal menang. Namun untuk wilayah Kabupaten Ngawi, memang kami akui agak sulit, meski peluang untuk menang tetap ada,” ujarnya.

Sartono Hutomo bahkan terus melakukan konsolidasi di berbagai kota maupun kabupaten yang ada di wilayah dapil tujuh, dengan harapan masyarakat mau mendukung dan memilih calon yang diusung oleh partai demokrat.
“Saya terus melakukan konsolidasi dan pemaparan visi misi calon yang diusung oleh partai demokrat, dengan memanfaatkan jaringan dan kader partai yang ada,” pungkasnya. (RAPP002)