Bupati Lantik Kepengurusan Dewan Kesenian Pacitan 2015-2020

oleh -131.220 views
Dewan kesenian Pacitan resmi dilantik Bupati Pacitan
Dewan kesenian Pacitan resmi dilantik Bupati Pacitan

Pacitanku.com, PACITAN – Bupati Pacitan Indartato resmi melantik kepengurusan dewan kesenian Pacitan untuk periode masa bhakti 2015-2020, Selasa (3/11/2015) di gedung Karya Dharma kompleks kantor Pemerintah Kabupaten Pacitan, Pacitan.

Pelantikan kepengurusan dewan kesenian Pacitan ini dilandasi surat keputusan bupati nomor 188.45/515/kpts/408.21/2015. Dengan adanya struktur kepengurusan dewan kesenian ini, diharapkan bisa menumbuhkembangkan wawasan ketahanan nasional di bidang seni dan budaya.

“Tugas dewan kesenian kabupaten Pacitan adalah menginventarisasi, menggali dan memadukan segenap potensi seni dan budaya daerah dengan memperhatikan karakteristik seni dan budaya lokal, kemudian juga memajukan, memelihara dan melestarikan seni dan budaya daerah dalam rangka pembentukan kebudayaan nasional,” kata Indartato saat membacakan SK kepengurusan.

Kemudian, tugas dewan kesenian daerah adalah meningatkan kualitas pembinaan dan pengembangan seni dan budaya daerah di pacitan dan menumbuhkembangkan wawasan ketahanan nasional di bidang seni dan budaya.

“Selanjutnya adalah mengadakan koordinasi antara instansi terkait dan dewan kesenian kabupaten di Indonesia serta lembaga swadaya masyarakat agar ikut berpartisipasi dalam pengembangan dan pelestarian seni dan bduaya daerah, serta yang terakhir adalah melaporkan hasil pelaksanaan tugas kepada Bupati Pacitan,” kata Indartato.

Adapun, kepengurusan dewan kesenian Kabupaten Pacitan ini ketuai oleh Endro Wahyudi, seorang guru seni di Pacitan. Sementara untuk wakil ketua adalah Triyono yang juga berprofesi sebagai guru seni.

Berikut susunan kepengurusan dewan kesenian Pacitan 2015-2020

Pelindung: Bupati dan wakil bupati Pacitan

Pembina: Ketua DPRD, Kapolres, Dandim 0801 Pacitan, Ketua PN, Kepala Kejaksaan Negeri dan Sekda Pacitan

Anggota ex Ffficio: Kepala Disbudparpora Pacitan, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Bappeda dan Kabag Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah

Majelis Pertimbangan: Imam Haryono (Ketua),  Imam Hidayat, Nur Bayu Aji, Slamet Margiono, Djohan Perwiranto, Endro Waluyo, Sudarno, Kasim, Sunardi dan Bambang Arifin

Badan Pekerja Harian (BPH): Endro Wahyudi (Ketua), Triyono (Wakil Ketua), Khoirul Amin (Sekretaris), Ratih Ika Palupi (Wakil Sekretaris), Chrismilia Natalia (Bendahara) dan Fitri Nur Cahyani (Wakil Bendahara).

Departemen advokasi dan pelayanan hukum: Yanti Komalawati dan Deni Cahyantoro

Departemen Litbang dan Industri Kreatif : Bangun Narutama dan Nur Ichwan

Departemen Konservasi dan Nilai budaya: R Katno dan Agus Sriondo P

Departemen Kerjasama dan Kehumasan: Adi Setiarsa dan Christian Adi Candra

Komite seni musik : Hurip Sapto Wibowo dan Suharnowo

Komite seni tari : Anang Widagdo dan Sukatno

Komite seni rupa: Darwoto dan Setyono Budi Sampurno

Komite seni teater: Aminuddin dan Joko Ruswanto

Komite seni sastra: Didik Danardono dan Daryono

Komite Fotografi dan Film: Jarot Hendry Sasmito dan Bambang Setyo Utomo

(BSPP005)