Sebanyak 60 Polisi di Pacitan Gelar Ops Zebra, Kapolres: Kedepankan Sifat Humanis

oleh -13789 views
Sejumlah anggota Polres Pacitan menggelar razia operasi zebra semeru 2015. (Foto: POlres Pacitan)
Foto Ilustrasi: Sejumlah anggota Polres Pacitan menggelar razia operasi zebra semeru 2015. (Foto: POlres Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Jajaran Kepolisian Resor (Polres) Kabupaten Pacitan menggelar operasi zebra (Ops Zebra) Semeru 2015. Operasi ini adalah instruksi dari Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang berlangsung selama 14 hari, yaitu pada Kamis (22/10/2015) hingga Rabu (4/11/2015) mendatang.

Di Kabupaten Pacitan, Polres Pacitan mengerahkan sebanyak 60 personel polisi yang dilibatkan dengan tujuan untuk penegakan hukum lalu lintas, dengan sasaran utama dalam operasi ini antara lain pelanggaran angkutan umum, pelanggaran melawan arus serta semua pelanggaran yang berpotensi mengakibatkan kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.

Menurut Kepala Polres Pacitan, AKBP Taryadi SIK, dalam keterangannya seperti dilansir laman Polres Pacitan, Rabu (28/10/2015) menyatakan bahwa para petugas kepolisian harus mengedapankan sifat humanis dalam kegiatan operasi zebra semeru ini.

“Karena operasi zebra merupakan salah satu operasi kemanusiaan, sehingga dengan dilaksanakan operasi zebra semeru 2015 dapat menekan angka pelanggaran dan kecelakaan di kabupaten pacitan serta meningkatkan kesadaran berlalu lintas yang baik bagi masyarakat, “katanya.

Sementara, tujuannya, kata dia untuk meningatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat di bidang keamanan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas serta terciptanya situasi lalin yang tertib, lancar dan aman serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Lebih lanjut, Taryadi meminta kepada para petugas operasi untuk menindak secara tegas dalam operasi zebra semeru tahun ini, tak terkecuali dari institusi Polres Pacitan sendiri. “Jadi semua lapisan masyarakat, tidak terkecuali anggota (Polres Pacitan-red) merupakan obyek operasi dengan sandi zebra semeru 2015,”jelas Taryadi.

Sebelum turun ke lapangan untuk menggelar operasi, sebanyak 60 personil Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) Pacitan tersebut mendapatkan arahan dari Kapolres.

Selain kegiatan operasi di lapangan, Polres juga mengedapakan kegiatan preventif melalui himbauan di media, penyuluhan dan kegiatan lainnya. Polres Pacitan sendiri sudah menggelar operasi ini diberbagai titik di seluruh Kabupaten Pacitan.

Sebagai informasi, operasi kepolisian yang rutin diselenggarakan setiap tahun tersebut menekankan tentang operasi lalu lintas guna meningkatkan keselamatan pengguna jalan di jalan raya. (RAPP002)