Debat Paslon II: Indigo Janji Benahi Pariwisata, Basudhewa Siap Naikkan PAD Hingga Rp 1 T

oleh -13708 views

Pacitanku.com, PACITAN – Debat kandidat calon bupati dan wakil bupati Pacitan periode kedua yang berlangsung Senin (26/10/2015) malam WIB kembali digelar oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Pacitan, di Gedung Serbaguna PLUT, Jalan Panglima Sudirman, Baleharjo, Kecamatan/Kabupaten Pacitan.

Debat kedua kali ini mengambil tema “Pembangunan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat”.  Pasangan nomor urut 1, Drs. H. Indartato, MM yang berpasangan dengan Drs. H. Yudi Sumbogo (Indigo) berjanji akan terus memfokuskan pembangunan melalui peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, salah satunya terus serius menggarap sektor pariwisata di Pacitan. Sementara pasangan nomor urut 2, Drs. H. Bambang Susanto,  S.Pd, SE, MM yang berpasangan dengan Hj Sri Retno Dhewanti, A. Md menargetkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) hingga Rp 1 trilyun.

“Penyediaan sarana jalan menuju obyek wisata terus dijalankan, misalnya jalur dari Goa Gong menuju ke Pantai Klayar, dengan cara pelebaran dan pengaspalan, selain itu nanti juga akan dibangun kawasan parkir yang memadai,” papar Indartato.

Lebih lanjut, Indartato menyampaikan untuk segi promosi, pihaknya akan terus menggencarkan promosi, sebab melalui promosi bisa menjadi andalan mendulang PAD dari sektor ekonomi dan pariwisata.

“Ada banyak biro perjalanan yang menyediakan paket wisata ke Pacitan. Di samping itu promosi wisata kita juga sudah masuk ke hotel-hotel, sementara untuk di obyek wisata, di setiap kios yang ada di kawasan obyek wisata nantinya harus mencantumkan label harga, sehingga ada trust dari wisatawan untuk berbelanja,” jelas mantan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pacitan ini.

Senada dengan Indartato, Cawabup Yudi Sumbogo menyampaikan dalam sisi ekonomi, pemerintah harus memfokuskan juga pada  usaha mikro guna mempersiapkan diri untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). “Salah satunya pengembangan nelayan tangkap,” tandas mantan Anggota DPRD Kabupaten Pacitan ini.

Sementara, Bambang Susanto dan Sri Retno Dhewanti memfokuskan pembangunan di Pacitan dengan cara menargetkan PAD hingga Rp 1 Trilyun. Menurut Cawabup Wanti, keberhasilan pembangunan ekonomi bisa dilihat dari titik tumbuh kesejahteraan masyarakat daerah tersebut. Dia merinci ada dua faktor yang menjadi kunci, yakni faktor ekonomi dan non-ekonomi.

Lebih lanjut, Wanti mengatakan bahwa saat ini, PAD Pacitan yang bergantung pada orang sakit, mengingat 40 persen atau sekitar Rp 34 milyar PAD didapat dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pacitan. “Kondisi itu sangat berbanding terbalik dengan PAD dari pariwisata yang hanya mampu menyumbang sekitar 2,5 persen saja, jika kami dipercaya oleh masyarakat Pacitan kami berjanji hal ini tidak akan pernah terjadi,” jelas wanita yang juga pengusaha ini.

“Cara mendapatkan PAD tersebut dengan menggali sektor pertambangan di Pacitan, bahkan dimungkinkan ada tambang emas di beberapa titik di Pacitan, hal tersebut bisa membuat PAD kita melonjak hingga Rp 1 Trilyun,” imbuh cawabup Wanti saat menjawab pertanyaan darimana PAD Rp 1 trilyun tersebut diperoleh.

Dalam debat paslon kedua kali ini, turut hadir sejumlah tokoh masyarakat dan pendukung kedua paslon. Debat kali ini juga menggunakan jasa penerjemah untuk memudahkan penyandang disabilitas mengikuti jalannya debat paslon. Rencananya, debat masih akan berlangsung satu kali lagi pada akhir November mendatang.

Pilkada Pacitan sendiri akan diikuti dua pasangan calon (paslon), yakni Drs. H. Indartato, MM yang berpasangan dengan Drs. H. Yudi Sumbogo (Indigo) yang diusung Partai Demokrat dan didukung Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Nasional Demokrat (Nasdem). Pasangan Indigo ini mendapatkan nomor urut satu.

Sementara pasangan kedua adalah Drs. H. Bambang Susanto,  S.Pd, SE, MM yang berpasangan dengan Hj. Sri Retno Dhewanti, A. Md, yang diusung PDI Perjuangan, Partai Hanura dan didukung Partai Amanat Nasional (PAN). Pilkada Pacitan sendiri akan digelar pada Rabu,  9 Desember mendatang. (RAPP002)