Susuri Kali Maron, Indartato Bicarakan Wisata Berbasis Masyarakat

oleh -131.016 views

Pacitanku.com, PRINGKUKU – Calon Bupati dan Wakil Bupati Indartato dan Yudi Sumbogo menggelar kunjungan ke salah satu obyek wisata petualangan, Kali Maron, yang terletak di desa Dersono, Pringkuku, Pacitan, Sabtu (24/10/2015) lalu.

Dalam kunjungannya tersebut, Indartato menyampaikan seputar pengelolaan wisata berbasis masyarakat. Pola itu, kata Indartato, sangat tepat diterapkan di Pacitan. “Sebab, dengan sistem tersebut masyarakat tidak sekadar menjadi penonton melainkan ikut berperan aktif dalam perencanaan maupun pelaksanaannya,” katanya, dilansir laman pribadinya.

Lebih lanjut, Indartato berpesan agar masyarakat  turut peduli dan merasa memiliki kearifan lokal tersebut. “Tentu saja masyarakat setempat yang paling berperan. Pemerintah daerah membantu dalam hal fasilitasi. Nantinya dampak ekonominya diharapkan dapat langsung dirasakan oleh warga,” tandasnya.

Dalam kesempatan kunjungan tersebut, Indartato yang didampingi istrinya, Luky Tri Baskorowati menggelar kunjungan sekaligus menyususi Kali Maron yang berakhir di Pantai Ngiroboyo, Dusun Sambi, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo. “Kita wajib bersyukur karena dianugerahi Allah dengan keindahan alam yang luar biasa,” kata Indartato. (RAPP002/Indartato)