Ini Perkembangan Terbaru Tragedi Gunung Lawu yang Tewaskan Pendaki

oleh -131.712 views

Pacitanku.com, MAGETAN – Seorang korban pendaki Gunung Lawu, Eko Nurhadi dirujuk ke Instalasi Rawat Darurat (IRD) RSU Dr Soetomo kaena kondisinya masih kritis dengan luka bakar yang cukup serius, yaitu hampir disekujur tubuh, tangan dan bagian wajahnya.

“Saat ini kondisinya masih kritis karena korban mengalami luka bakar hampir 50 persen di sekujur tubuh dan wajahnya, selain itu korban juga mengalami trauma inhalasi atau terkena saluran pernafasan yang menghirup udara panas,” kata Kepala IRD RSU Dr Soetomo Surabaya, Dr Urip Murtejo ketika ditemui di Surabaya, Senin (19/10/2015) kemarin.

Sebelumnya pasien Eko Nurhadi dirawat di RSUD Dr Sayidiman, Magetan selama 17 jam, kemudian dirujuk ke RSU Dr soetomo hingga mengalami trauma inhalasi atau saluran pernapasan dan multi organ failure, sehingga mengalami gangguan pada ginjal pasien.

“Kondisinya saat ini masih krisis dan saat ini masih dilakukan istilahnya demi demang yaitu pencucian luka pada pasien agar terhindar dari infeksi atau gangguan lainnya, serta dilakukan resusitasi cairan elektroniknya yang hilang, sehingga dibantu oleh alat bantu saluran pernafasan atau respirator,”¬†katanya.

Menurut dia, untuk menangani pasien, tim dokter melakukan operasi dengan membersihkan bagian luka bakar, kemudian setelah dilakukan pembersian bagian luka bakar, pasien akan dipindahkan ke ruang observasi intensif agar mendapat pengawasan dan perawatan khusus dari tim dokter.

Baca Selanjutnya di halaman 2