Dukung Penanganan Bencana, Pramuka Pacitan Gelar Diklat Brigade Penolong

oleh -10944 views

Pacitanku.com, PACITAN – Kwartir Cabang (Kwarcab) Praja Muda Karana (Pramuka) Pacitan menggelar pendidikan dan pelatihan (Diklat) Brigade Penolong tahun 2015, Ahad (27/9) hingga Rabu (30/9) mendatang, di kompleks Wisma Atlet Pacitan, Sport Center, Lingkungan Kelurahan Sidoharjo, Pacitan.

Agenda Diklat Brigade Penolong ini merupakan salah satu upaya Pramuka Pacitan untuk membantu melakukan langkah pencegahan terhadap bencana alam yang sering terjadi di Pacitan.

Menurut Ketua Kwarcab Pacitan, Suko WIyono dalam sambutannya, Ahad (28/9/2015) menyampaikan bahwa Pacitan memerlukan perhatian khusus terkait sektor kebencanaan.

“Sebagaimana diketahui, saat hujan  meskipun jarang terjadi banjir, namun sering terjadi tanah lonsor, karena secara geografis rumah tinggal warga adalah kawasan kritis,” ujar pria yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Pacitan ini, saat menyampaikan sambutan dalam pembukaan Diklat tersebut.

Namun disisi lain, saat kemarau tiba, kemarau memang tidak terjadi tanah longsor seperti saat musim hujan. Tapi ancaman bencana lain juga datang, seperti kekeringan dan kekurangan air, “Seperti itu kondisi kabupaten Pacitan,” tandasnya.

Lebih lanjut, Suko menghimbau kepada peserta diklat Brigade penolong untuk tetap menjaga kesehatan. “Ketika ada bencana, para peserta yang sudah dilatih agar selalu siap untuk bergabung dengan tim siaga bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan jika sewaktu-waktu dibutuhkan,” ujarnya.

Diklat Brigade Penolong 2015 ini sendiri terselanggara atas kerjasama Kwarcab Pacitan, BPBD Kabupaten Pacitan, Kodim 0801, Kepolisian Resor (Polres) Pacitan dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pacitan. Agenda ini diikuti total 60 orang peserta yang terdiri dari 25 orang utusan dari desa/kelurahan yang ada di kecamatan Pacitan, sedangkan 35 orang lainya merupakan utusan dari Gugus Depan (Gudep). (Bambang El Pacitano/Pacitanku)