Peringati HUT TNI, Kodim 0801 Pacitan Gelar Tanam Mangrove di Pantai Pancer

oleh -10803 views
Penanaman Mangrove di Pantai Pancer
Penanaman Mangrove di Pantai Pancer

Pacitanku.com, PACITAN – Gerakan mencintai dan peduli lingkungan terus digelorakan berbagai elemen masyarakat di Pacitan. Yang terbaru, Komando Distrik Militer (Kodim) 0801 Pacitan menggelar kegiatan penghijauan dan penanaman mangrove di sepanjang Pantai Pancer, Sabtu (26/9/2015).

Dalam sambutannya, Komandan Kodim 0801 Pacitan Letnan kolonel Infanteri Yudi Diliyanto menyatakan bahwa kegiatan penanaman mangrove ini adalah wujud kepedulian dalam pelestarian lingkungan, terutama konservasi lingkungan laut dan pantai.

“Kegiatan penanaman pohon mangrove ini memang  tidak bisa dirasakan sekarang, tapi akan bermanfaat dalam jangka waktu lima tahun kedepan sebagai tanggul alam yang dapat menahan abrasi laut selatan,” ujarnya, sebagaimana dilansir laman Polres Pacitan.

Lebih lanjut, Yudi menyatakan bahwa kebermanfaatan mangrove sebagai sabuk hijau pantai juga bisa digunakan sebagai rumah bagi ikan-ikan yang bisa hidup dan dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar, baik dibuat konnsumsi maupun usaha tambak.

Agenda penghijauan dan penanaman mangrove ini adalah rangkaiaan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI yang ke 70 pada 5 Oktober mendatang. Dalam kegiatan ini, selain puluhan personil Kodim, juga turut hadir Kapolres Pacitan AKBP Taryadi, jajaran kepolisian, para pelajar di sekitar Pacitan dan juga masyarakat setempat. (RAPP002/hr)