Percepat Pengembangan Geopark Gunungsewu, Pekan Depan Tiga Daerah Kumpul di Pacitan

oleh -10957 views
Lembayung senja di Pantai Buyutan. (Foto: Arif Sasono)
Lembayung senja di Pantai Buyutan. (Foto: Arif Sasono)

Pacitanku.com, GUNUNGKIDUL – Untuk mempercepat pengembangan Taman Nasional Gunungsewu yang resmi menjadi anggota Global Geopak  Network (GGN), tiga daerah yang terdiri dari Pacitan, Gunungkidul dan Wonogiri akan menggelar pertemuan khusus di Pacitan.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Gunungkidul, Budi Martono kepada wartawan, Jumat (25/9/2015), pihaknya akan melakukan koordinasi dengan tiga provinsi yakni Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur. Selain itu bupati di tiga kabupaten Pacitan, Wonogiri dan Gunungkidul.

Kedepan, ia berharap bisa berkoordinasi dengan tiga kementerian yakni Kementerian ESDM, Kementrian Pariwisata dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, yang selama ini mendukung Gunungsewu masuk dalam geopark. “Kami akan berkoordinasi dengan tiga provinsi dan tiga bupati terkait Gunungsewu, Senin dan Selasa di Pacitan,” ujarnya.

Untuk Gunungkidul sendiri, Budi mengatakan bahwa sudah membuat tim percepatan geopark untuk meningkatkan kunjungan wisata.”Kami sudah memiliki tim percepatan yang akan ditularkan ke daerah lain,” kata Budi.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Gunung KIdul, Pacitan, dan Wonogiri, harus menyiapkan strategi khusus untuk mempertahankan kawasan karts Gunungsewu sebagai Global Geopark Network (GGN) oleh UNESCO.

Hal ini dikarenakan fungsi kawasan geoprak sebagai kawasan edukasi, konservasi dan pemberdayaan masyarakat harus tetap dipertahankan, jika tidak bisa mempertahankan maka dalam empat tahun bisa dikeluarkan dari keanggotaan GGN.

Sinergitas antara pemerintah dengan pemerintah, pemerintah masyarakat, serta pemerintah dengan pelaku kegiatan harus tetap dijaga untuk mempertahankan keanggotaan GGN. Disamping itu, peran pemerintah akan terus ditingkatkan karena setelah gunungsewu sudah masuk GGN, dan dipastikan akan ada peningkatan jumlah kunjungan wisatawan. (RAPP002/Antara)