Jumlah Penderita HIV AIDS di Pacitan Bertambah, Masyarakat Diminta Jangan Jauhi ODHA

oleh -101.140 views
Ilustrasi Hari AIDS

Pacitanku.com, PACITAN – Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan merilis jumlah penderita HIV AIDS di Pacitan terus meningkat. Data terbaru yang dirilis pertengahan September 2015, Dinkes mencatat jumlah penderita HIV AIDS baru di kabupaten Pacitan mencapai 13 Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA).

Jumlah ini meningkat lima ODHA dibandingkan data yang dikeluarkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pacitan pada bulan Maret lalu, dimana RSUD setempat mencatat bahwa sepanjang bulan Januari hingga Maret 2015 ditemukan 8 ODHA.

Dari 13 ODHA, tujuh diantaranya sudah meninggal dunia. Dengan bertambahnya angka ODHA, dipastikan jumlah kasus HIV AIDS sejak tahun 2007 hingga saat ini telah mencapai angka 160. 50 persen dari jumlah itu diketahui telah meninggal dunia. Sementara sekitar 80 orang penderita yang saat ini masih bertahan hidup terus mendapat perawatan dan pengobatan intensif.

Untuk itu, Direktur Utama (Dirut) RSUD Pacitan, Iman Darmawan beberapa waktu lalu menghimbau agar warga masyarakat setia kepada pasangan masing – masing dan mau peduli dengan seks aman. Di antaranya, tidak melakukan seks bebas dan tidak berganti-ganti pasangan. Menurut dia, penderita AIDS tidak harus perempuan yang berganti-ganti laki-laki. Bisa saja perempuan baik-baik tertular dari suaminya yang sering ”jajan” di luar. ‘’Hingga nanti hamil, anaknya juga rawan tertular HIV/AIDS,’’ katanya.

Sebab, diketahui, penyebab mereka tertular penyakit ini lantaran hubungan seksual. Dia mencontohkan, ketika salah seorang di antara keluarga mereka bekerja di luar daerah seperti Surabaya atau Jakarta berhubungan badan dengan orang lain.

Selain itu, masyarakat Pacitan diminta memperlakukan korban atau keluarga korban HIV AIDS seperti masyarakat pada umumnya. Sebab, secara psikologis para penderita HIV AIDS dipastikan sudah meraskan beban luar bias berat. ODHA ataupun keluarganya diminta diperlakukan seperti warga pada umumnya.

Karena, dipastikan, jika psikologis ODHA semakin tertekan, maka penderitaan akan semakin bertambah. Penyakit HIV/AIDS sendiri tidak serta merta langsung menular jika masyarakat berinteraksi dengan para penderita HIV/AIDS.

Data penderita HIV/AIDS dari Dinkes dan RSUD Pacitan

Tahun 2012 sebanyak 16 ODHA ( 5 meninggal dunia)

Tahun 2013 sebanyak 22 ODHA (8 meninggal dunia)

Tahun 2014 sebanyak  31 ODHA (7 meninggal dunia)

Tahun 2015  (Januari-September ) sebanyak 13 ODHA (7 meninggal dunia)

(RAPP002)