Distanak Pacitan Siapkan Petugas untuk Pantau Kesehatan Hewan Kurban

oleh -10956 views
Penyembelihan hewan Kurban di Sambong, Arjosari. (Foto : Shultan)
Penyembelihan hewan Kurban di Sambong, Arjosari. (Foto : Shultan)

Pacitanku.com, PACITAN – Dua hari jelang hari raya Idul Adha, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan melalui Dinas Tanaman Pangan Dan Peternakan (Distanak) menyiapkan sejumlah petugas kesehatan hewan. Hal itu dilakukan untuk memantau proses penyembelihan hewan qurban saat pelaksanaan hari raya Idul Adha 1436 H.

Rencananya,  para petugas kesehatan itu akan mulai aktif bertugas mulai hari pelaksanaan hingga H+3. ” Tidak hanya di Pacitan kota, petugas kesehatan kecamatan juga disiapkan,” kata Slamet, petugas Kesehatan Hewan Distanak Pacitan, seperti dilansir laman SKPD Pacitan, Selasa (22/9/2015).

Direncanakan, untuk masing-masing kecamatan ditempatkan 3 petugas kesehatan, sedangkan khusus di Pacitan kota terdapat kurang lebih 15 petugas. Selama hari pelaksanaan qurban hingga hari ketiga para petugas tersebut berkeliling memantau tempat-tempat penyembelihan hewan qurban.

Hal ini dilakukan sebagai antisipasi jika ditemukan hewan qurban yang tidak memenuhi unsur sehat, sementara masyarakat tidak mengetahuinya. “Yang biasa ditemukan dalam hewan ternak adalah cacing hati. Namun, tidak menutup kemungkinan ada gangguan kesehatan hewan lain,” tandasnya.

Menurut Slamet, hewan kurban yang sehat sebenarnya sudah dapat diketahui. Seperti, bulu hewan halus mengkilap, mata cerah, hewan responsif serta tidak cacat. “Hanya saja saat penyembelihan juga harus ada pemeriksaan kembali meliputi pemeriksaan ante mortem,” pungkasnya. (Riz/SKPD/RAPP002)