Akhirnya Gunungsewu Masuk Kawasan Geopark Dunia

oleh -10789 views
Bentangan karst Gunungsewu di Museum Karst Pracimantoro. (FOto: Pacitanku)

Pacitanku.com, GUNUNGKIDUL – Kawasan Gunungsewu yang membentang di Kabupaten Pacitan, Kabupaten Gunung Kidul dan Kabupaten Wonogiri masuk dalam global geopark network (GGN).

Kepastian tersebut diketahui dalam penyelenggaraan Asia Pacific Geoparks Network pada 15–20 September di Jepang. “Alhamdulilah, akhirnya Gunungsewu masuk dalam Global Geopark Network (GGN) pada sidang biro GGN/UNESCO, 19 September di Sanin, Kaigan, Jepang, dalam sidang Biro GGN/UNESCO,” kata Sekda Kabupaten Gunung Kidul Budi Martono kepada Antara, Minggu (20/9).

Lebih lanjut, Budi mengatakan Gunungsewu merupakan bentangan alam karst yang terdiri dari Gunung Kidul (DIY), Wonogiri (Jawa Tengah), dan Pacitan( Jawa Timur). Sekarang nama Gunungsewu beubah Gunungsewu Global Geopark Indonesia. “Saat ini saya di Jepang untuk menerima, ini merupakan kebanggaan bagi masyarakat Indonesia pada umumnya, dan Gunungsewu pada khususnya,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Disbudpar) Gunung Kidul Saryanto mengatakan pihaknya sudah mendengar informasi tersebut. Penghargaan ini diterima setelah sebelumnya ditunda selama dua tahun. Penundaan ini karena ada sembilan catatan diantaranya penambahan papan penujuk, sosialisasi kepada sekolah, dan penandatanganan dokumen tiga kabupaten dan tiga provinsi.

Rencananya, pada 28 september mendatang akan ada pertemuan dengan tiga kabupaten untuk penajaman terkait geopark. “Kami akan bertemu untuk penajaman mengenai geopark kedepan,” katanya. (RAPP002/Ant)