Pacitan Job Fair Kembali Digelar, Ini yang Harus Anda Siapkan

oleh -1.455 views

Pacitanku.com, PACITAN – Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Pacitan menggelar Pacitan Job Fair pada Sabtu (12/9) hingga Rabu (16/9) mendatang di alun-alun Pacitan. Acara yang akan digelar setiap hari mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB di tanggal tersebut direncanakan diikuti 30 perusahaan regional dan nasional. Selain itu, Pacitan Job Fair juga menyediakan ribuan lowongan kerja untuk Anda.

Acara yang merupakan kerjasama Dinsosnakertrans Pacitan, Disnakertrans Provinsi dan Kementerian Ketenagakerjaan RI ini adalah program dinas terkait dengan tajuk Pameran Kesempatan Kerja.

Ini yang Harus Anda Siapkan



Job fair bertujuan untuk membantu para fresh graduate mencari tahu di mana dia akan bekerja setelah lulus. Biasanya ketika job fair berlangsung, ada walk in interview dengan pihak HRD di sebuah perusahaan.  Bertemu dengan calon bos dan membuat jejaring profesional untuk mendapatkan pekerjaan impian merupakan langkah penting dalam kehidupan karier tiap orang. Jadi, bagaimana memastikan bahwa kita melakukan persiapan dengan benar sebelum ke job fair?

Yang pertama, apa yang harus dipakai?

Asisten Staf Magang dan Karier Kantor Penempatan di Penn State College of Communications Stephanie Girouard menawarkan masukannya tentang apa yang harus dikenakan. “Perempuan harus memakai atasan kemeja, rok atau gaun celana dan blazer,” ujar Stephanie.

Dia melanjutkan, rok tidak boleh mencapai pertengahan paha ketika duduk. “Jadi, pastikan bahwa rok Anda setidaknya selutut. Anda juga harus memastikan bahwa pakaian yang Anda kenakan dibuat dari bahan yang profesional, tidak melar dan tampak kasual. Selain itu, kenakan sepatu yang nyaman untuk berjalan,” imbuhnya.

Yang kedua, apa yang harus dilakukan?

 Hal pertama adalah mencari tahu perusahaan mana yang akan menghadiri bursa kerja. Informasi ini biasanya diberitahukan sebelum penyelenggaraan job fair.  Asisten Dekan Magang dan Penempatan Karir di Penn State College of Communications Bob Martin mengatakan, proses persiapan harus disiapkan dari jauh-jauh hari.

“Seorang job seeker harus mengetahui perusahaan yang sedang diincarnya. Tetapi, yang paling penting adalah mengetahui bagaimana keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman Anda sesuai dengan apa yang perusahaan cari dengan posisi tertentu yang mereka miliki,” tutur Bob.

Setelah menjelajahi perusahaan dan posisi lowong yang mereka sediakan di suatu job fair, buat daftar prioritas berisi nama perusahaan apa saja yang Anda inginkan. Lalu, siapkan presentasi tentang diri dan keterampilan Anda untuk disampaikan ke pihak perusahaan di pameran.

Yang ketiga, apa yang harus dibawa?

Anda harus membawa salinan Curriculum Vitae (CV). Saat ini banyak bursa kerja menggunakan sistem online sehingga job seeker tidak perlu membawa banyak berkas lamaran untuk dibagikan ke booth tiap perusahaan yang mereka datangi. Cukup upload file CV dari flashdisk ke database bursa kerja yang Anda datangi, maka data Anda pun sampai ke semua perusahaan peserta pameran. Meski demikian, tidak ada salahnya membawa salinan CV dalam bentuk hard copy.

Anda juga harus menyiapkan administrasi selengkap-lengkapnya. Memasukkan lamaran di job fair juga memerlukan foto kopi ijazah, foto kopi kartu identitas diri, pas foto serta kelengkapan administrasi lainnya. Oleh karena itu, persiapkan  segala sesuatunya dengan lengkap. Jangan sampai Anda gagal melamar karena dokumen yang dibawa kurang lengkap. Anda juga perlu membawa persediaan yang banyak. Perusahaan peserta jobfair tidak hanya satu, siapa tahu banyak perusahaan yang membuka lowongan untuk Anda.

Kemudian,  bawa alat-alat pendukung, lem kertas, bolpoin, hardboard dan paper clip perlu dibawa jika memang Anda memerlukannya. Kemudian, pada saat job fair dilaksanakan, sering kali perusahaan mengadakan seleksi secara langsung. Anda perlu mempersiapkan diri dengan berpakaian rapi untuk mengantisipasi hal itu.

Nah, meskipun kondisi job fair berdesak-desakkan, Anda tetap wajib menjaga fitalitas tubuh. Jaga kesehatan Anda sehingga dapat mengikuti setiap tahap seleksi dengan stamina prima.

Oke, sekarang saatnya menggapai impian kamu bekerja di perusahaan impian. (RAPP002)