KPU Targetkan Kehadiran Pemilih Pilkada Pacitan Capai 75 Persen

oleh -10729 views
Ilustrasi Pilkada. (Foto : Gulalives)
Ilustrasi Pilkada.

Pacitanku.com, PACITAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pacitan menargetkan kehadiran pemilih dalam agenda Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember mendatang mencapai 75 persen.

Menurut Komisioner KPU setempat, Suhardi, di Pacitan, Jumat (4/9) kemarin, untuk mencapai angka tersebut, pihaknya akan melakukan berbagai upaya sosialisasi agar target 75 persen kehadiran pemilih tersebut bisa tercapai.

“Walaupun target tersebut tinggi, kami  optimis bakal terealisasi sesuai rencana, salah satu upaya untuk mencapai realisasi target tersebut, dilakukan dengan memaksimalkan sosialisasi di setiap wilayah maupun melalui media,” paparnya kepada wartawan.

Sebagai informasi, tingkat kehadiran pemilih pada pemilihan bupati wakil bupati tahun 2010 hanya mencapai 65,22 persen. Selanjutnya, di pemilihan gubernur tahun 2013, tingkat kehadiran pemilih 65,45 persen. “Sementara pada Tahun 2014, dalam pemilihan legislatif meningkat hingga 71,74 persen, dan pada perhelatan pemilihan presiden, tingkat kehadiran pemilih turun 69,04 persen,” ungkap komisioner KPU divisi sosialisasi, pendidikan pemilih dan pengembangan informasi ini.

Sebagaimana diketahui, Pilkada Pacitan 9 Desember mendatang diikuti dua paslon bupati-wakil bupati. Yang pertama adalah Indartato-Yudi Sumbogo (Indigo)  yang diusung Partai Demokrat dengan didukung Partai Nasdem, PPP dan PKS. Sedangkan pasangan calon nomor urut dua, yaitu Bambang Susanto – Sri Retno Dewanti (Basudhewa) diusung PDIP dan Hanura, serta didukung PAN. (yun/RAPP002)