Indonesia Future Society, Komunitas Para Pemimpin Masa Depan yang Diinisasi oleh SBY

oleh -131.137 views
SBY dan Ani Yudhoyono saat meresmikan IFS di Nawangan, beberapa waktu lalu. (Foto: Ani Yudhoyono/Instagram)
SBY dan Ani Yudhoyono saat meresmikan IFS di Nawangan, beberapa waktu lalu. (Foto: Ani Yudhoyono/Instagram)
SBY dan Ani Yudhoyono saat meresmikan IFS di Nawangan, beberapa waktu lalu. (Foto: Ani Yudhoyono/Instagram)
SBY dan Ani Yudhoyono saat meresmikan IFS di Nawangan, beberapa waktu lalu. (Foto: Ani Yudhoyono/Instagram)

Pacitanku.com, PACITAN – Satu lagi komunitas yang menjadi harapan generasi pemuda di Indonesia. Adalah Indonesia Future Society (IF), sebuah komunitas yang diinisasi dan sekaligus diluncurkan oleh Presiden keenam Republik Indonesia (RI), Susilo Bambang Yudhoyono ini diharapkan menjadi wadah kreatif anak bangsa untuk melatih karakter kebangsaan dan mengasah jiwa kepemimpinan untuk masa depan Indonesia yang lebih baik.

Peluncuran IFS ini juga bertepatan dengan peringatan HUT ke 70 RI yang diluncurkan langsung oleh SBY dan istrinya, Ani Yudhoyono saat menggelar kunjungan ke Monumen Jenderal Soedirman, Dusun Sobo, Desa Pakisbaru, Kecamatan Nawangan, Senin (17/8/2015) lalu. Peluncuran IFS ini juga merupakan puncak syukuran kemerdekaan yang digelar SBY bersama masyarakat Pacitan, veteran dan para tokoh masyarakat.

“ IFS merupakan organisasi pemuda non-politik yang hadir sebagai wadah pemuda untuk berkarya bagi negeri. IFS dapat menjadi jalan bagi kita semua untuk membantu membangun masa depan Indonesia yang lebih baik di masa depan,” kata SBY usai meresmikan berdirinya komunitas IFS tersebut.

Dengan semangat “Satu Hati, Satu Cita-cita untuk Satu Indonesia”, IFS mengajak generasi muda untuk bergabung wujudkan Indonesia yang maju dan unggul. Mari bersama berpikir dan berkarya nyata dengan bergabung bersama IFS melalui http://ifuturesociety.org/gabung.

Mengenal IFS

Para anggota IFS di Pacitan. (Foto: Instagram Ani Yudhoyono)
Para anggota IFS di Pacitan. (Foto: Instagram Ani Yudhoyono)

Dengan latar belakang bahwa  generasi muda Indonesia harus mempersiapkan dirinya dan berpikir jauh kedepan untuk mengubah segala tantangan dan ancaman tersebut menjadi peluang, IFS resmi diluncurkan.

Dengan semangat “Satu Hati, Satu Cita-Cita untuk Satu Indonesia, IFS adalah komunitas generasi muda Indonesia yang memberikan ruang untuk dapat saling berbagi pandangan, gagasan, dan pemikiran, serta berkontribusi nyata untuk Indonesia. IFS menggunakan media sosial sebagai platform utama komunikasinya.

Sebagaimana dilansir dari laman IFS, organisasi ini mewadahi generasi muda Indonesia untuk merealisasikan cita-cita besarnya yang didasari berbagai latar belakang, minat dan bakat. IFS juga mempersiapkan para kader pemimpin masa depan yang kompeten, kompetitif dan berkarakter unggul dalam rangka menyongsong Indonesia yang lebih maju, demokratis, sejahtera, dan beradab di masa yang akan datang.

IFS memiliki beberapa program diantaranya adalah Olunteerism (Gerakan Sukarela), dimana dalam program ini, IFS mengajak setiap anggotanya untuk terlibat dan berkontribusi langsung dalam berbagai acara yang diselenggarakan sesuai dengan minat dan bakat untuk mengekspresikan dan mengaktualisasi diri. Melalui program volunteerism ini, IFS juga mewadahi dan mengakomodasi berbagai ide dan dasar pemikiran dari para anggota IFS untuk kemudian merealisasikannya sebagai karya nyata anak bangsa.

Program kedua IFS adalah IFS Newsletter. Dengan semakin derasnya arus informasi dan komunikasi publik, IFS memberikan keistimewaan bagi setiap anggotanya untuk mendapatkan E-Newsletter secara online melalui e-mail. IFS Newsletter tidak hanya berisi berbagai informasi aktual bagi generasi muda, namun juga berisi pandangan-pandangan para ahli di berbagai bidang mengenai isu-isu yang relevan pada saat itu. Hal ini bertujuan untuk membekali para anggota IFS dengan berbagai wawasan, pengetahuan, dan pengalaman berharga dalam rangka menyiapkan diri untuk menghadapi kompleksitas tantangan abad ke-21.

Program selanjutnya, adalah IFS Quarterly Meeting, yakni para anggota Indonesia Future Society terpilih juga berkesempatan untuk menghadiri pertemuan triwulan yang berisi diskusi, sharing session dan pembekalan berbagai materi atau topik yang aktual dan kontekstual. Pembekalan wawasan dan keterampilan diberikan oleh tokoh-tokoh terkemuka di berbagai bidang.

Program terakhir adalah The Annual Leadership Lecture (“All” For Indonesia). Sebagai puncak program pembekalan generasi muda Indonesia, IFS menggelar program The Annual Leadership Lecture (“ALL” for Indonesia) setiap satu tahun sekali yang melibatkan secara langsung tokoh-tokoh nasional dan global dari berbagai bidang untuk menginspirasi dan menyampaikan buah-buah pemikirannya dalam berbagai isu dan topik yang aktual dan kontekstual.

Melalui The Annual Leadership Lecture (“ALL” for Indonesia), IFS mengajak generasi muda di seluruh Indonesia untuk ikut berpartisipasi dalam memperkaya wawasan dan pemikiran, sekaligus memberikan ruang bagi mereka untuk mengemukakan pendapat (to speak up) dan mendengarkan satu sama lain (to listen one another).

Dalam forum ini, IFS juga mengundang generasi muda Indonesia untuk memperluas jaringan mereka dalam sebuah semangat yang positif, optimis dan konstruktif. Selain itu, generasi muda Indonesia diharapkan untuk tidak hanya saling belajar, berbagi pemikiran dan inspirasi namun juga dapat melakukan aksi nyata bagi kemajuan Indonesia di masa kini dan masa yang akan datang. (RAPP002)