Program KB di Pacitan Masuk Kategori Sukses

oleh -13934 views
Ilustrasi Program KB
Ilustrasi Program KB
Ilustrasi Program KB
Ilustrasi Program KB

Pacitanku.com, PACITAN – Program Keluarga Berencana di Kabupaten Pacitan selama ini tergolong berhasil. Data Kantor Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (KBPP) setempat menyebutkan, dari 119 ribu Pasangan Usia Subur (PUS) hampir 90 ribu orang atau 79 persennya merupakan peserta KB. Angka ini lebih tinggi dari data tingkat nasional sebesar 65 persen.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala KBPP Pacitan, Dr Hendra Purwaka.

”Trend KB di Kabupaten Pacitan memang selama ini masih pada peserta wanita. Yang paling banyak jenis suntik, IUD, dan pil. Nah, ke depan kita berharap juga akan lebih banyak kaum pria berpartisipasi dalam Program KB,” katanya, baru-baru ini.

Atas keberhasilan tersebut, Pacitan sendiri mendapatkan penghargaan nasional bidang KB tersebut.

Menurut Bupati Indartato, kesehatan bayi pasca kelahiran juga tidak luput dari perhatian. Karenanya, pemerintah daerah terus mendorong peran posyandu pada tiap lapisan masyarakat. Tentu saja, ini tidak lepas dari kerja keras Tim Penggerak PKK bersama Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) dan Sub PPKBD.

”Dengan terwujudnya keluarga kecil sesuai dengan tujuan Keluarga Berencana akan terbina keluarga bahagia dan sejahtera. Sehingga peran PKK juga tidak lepas dari itu semua. Bahkan para kader pun aktif sekali meskipun tidak digaji,” ujar Indartato seraya berterimakasih kepada Kepala Desa, PKK, PPKBD, dan Sub PPKBD. (Purwo Sasongko/DS/RRI/RAPP002)