Pendaftaran Semakin Mepet, Koalisi Pacitan Bersatu Gencarkan Penggodokan Calon

oleh -10765 views
Koalisi Pacitan Bersatu
Koalisi Pacitan Bersatu
Koalisi Pacitan  Bersatu
Koalisi Pacitan Bersatu

Pacitanku.com, PACITAN – Koalisi gemuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pacitan yang menyebut sebagai Koalisi Pacitan Bersatu (KPB) terus menggodok proses pencalonan Kepala Daerah. Koalisi gemuk ini merupakan gabungan dari PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Hanura, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Gerindra. Belakangan Partai Nasional Demokrat (Nasdem) juga ancang-ancang gabung dalam kalam koalisi gemuk ini.

Salah satu langkah penggodokan calon kepala daerah adalah dengan membuka proses penjaringan calon. Proses penjaringan calon rencananya akan dilaksanakan selama hingga hari ini, Sabtu (25/7/2015) dan direncanakan akan ada deklarasi pasangan calon (paslon) yang akan digelar hari ini.

Menurut juru bicara KPB, Faisal Arif menyakini, kekuatan yang tergabung dalam koalisi ini akan bertambah. Mengingat masih ada beberapa partai politik (parpol) lainnya yang tak bisa memberangkat calon sendiri belum menentukan sikap sampai saat ini, salah satunya adalah Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

‘’Kami mencoba untuk komunikasi dengan mereka,kami juga tak menutup kemungkinan membuka peluang kepada parpol lain yang tidak memiliki kursi di parlemen untuk bergabung dalam koalisi Pacitan Bersatu,” paparnya baru-baru ini.

Menurut Faisal, jika KPB tak terlibat dalam kegiatan-kegiatan politik ini kan rugi, termasuk, parpol-parpol yang tidak mendapatkan kursi di DPRD. Sejak jauh hari parpol anggota koalisi Pacitan Bersatu telah memiliki pandangan siapa bakal calon bupati maupun calon wakil bupati yang dipilih.

Selain sosok Mardiyanto (Ketua DPC PDI Perjuangan), seorang kader PDIP, Suyatno juga mengambil formulir pendaftaran bacabup maupun bacawabup.

“Ada dua alasan, pertama, langkah ini diambil sebagai bentuk kepedulian terhadap proses demokrasi di Pacitan supaya berjalan dengan baik, kedua, karena saya seorang kader PDI Perjuangan. Saya juga sudah dilakukan uji kepatutan (fit and proper test) oleh DPP PDI Perjuangan terkait pencalonannya sebagai calon Bupati,” paparnya. (her/RAPP002)