Resmi Dampingi Indartato, Yudi Sumbogo Siap Mundur dari Kursi Dewan Pacitan

oleh -101.592 views
Yudi Sumbogo akan mendampingi Indartato dalam Pilkada Pacitan. (Foto: Yudi Sumbogo)
Yudi Sumbogo akan mendampingi Indartato dalam Pilkada Pacitan. (Foto: Yudi Sumbogo)
Yudi Sumbogo akan mendampingi Indartato dalam Pilkada Pacitan. (Foto: Yudi Sumbogo)
Yudi Sumbogo akan mendampingi Indartato dalam Pilkada Pacitan. (Foto: Yudi Sumbogo)

Pacitanku.com, PACITAN – Anggota Badan Legislasi Daerah Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pacitan, Yudi Sumbogo siap mundur dari kursi DPRD Pacitan. Hal itu dipastikan setelah pria yang merupakan Anggota DPRD Pacitan dari Daerah Pemilihan IV Pacitan ini resmi mendampingi Indartato maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sebagai calon wakil Bupati.

Setelah mengetahui dirinya yang akan mendampingi Indartato,  Sumbogo pun segera menyiapkan langkah administratif, termasuk melengkapi semua berkas persyaratan yang diperlukan. Selain itu, Sumbogo juga akan mundur dari kursi dewan Pacitan. “Tentu hal itu mutlak harus dipenuhi (pernyataan pengunduran diri sebagai anggota legislatif). Karena ini amanah, jadi saya siap,’’ katanya, baru-baru ini.

Sebagai informasi, sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) pasal 4 ayat I huruf r, bahwa calon Kepala Daerah memberitahukan pencalonannya sebagai Gubernur, Wakil Gubernur, Bupati, Wakil Bupati, Walikota atau Wakil Walikota kepada Pimpinan DPR bagi anggota Dewan Perwakilan Rakyat, kepada Pimpinan Dewan Perwakilan Daerah bagi anggota Dewan Perwakilan Daerah, atau kepada Pimpinan DPRD bagi anggota DPRD, dan mengundurkan diri sebagai anggota DPRD selambat-lambatnya 60 hari setelah penetapan pasangan calon.

Majunya sosok Yudi Sumbogo mendampingi Indartato sendiri terbilang cukup mengejutkan. Pasalnya selama ini beberapa sosok lain seperti Andung Damar Sasongko, Setyo Raharjo dan Ronny Wahyono dikabarkan lebih populer dibanding Sumbogo. Sementara Sumbogo sendiri merupakan sosok baru di kancah perpolitikan Pacitan, mengingat dirinya baru masuk dalam dunia politik saat terpilih menjadi anggota legislatif pada Pemilu Legislatif (Pileg) April 2014 lalu.

Belum jelas apa alasan DPP menentukan nama Sumbogo sebagai bacawabup dari Partai Demokrat, baru rencananya akan dijelaskan kepada awak media pada Ahad (26/7/2015) besok oleh Ketua DPC Partai Demokrat Pacitan yang juga bakal calon bupati (bacabup) Indartato.

Sumbogo sendiri memiliki background sebagai seorang pengusaha di bidang kelautan. Sejumlah perusahaan di bidang maritim pernah digelutinya, seperti Arpeni Pratama Ocean Line, Apol Stevedoring, Pelabuhan Satu Jatim dan Inter Mega Box Surabaya. (her/eba/RAPP002)