Mardiyanto Jadi Calon Kuat Bupati Pacitan dari Koalisi Gemuk

oleh -Dibaca 1.243 kali
Mardiyanto Ketua DPC PDIP Pacitan
Mardiyanto Ketua DPC PDIP Pacitan
Mardiyanto Ketua DPC PDIP Pacitan
Mardiyanto Ketua DPC PDIP Pacitan

Pacitanku.com, PACITAN – Sepekan jelang pendaftaran bakal calon bupati (bacabup), koalisi partai besar (koalisi gemuk) dimungkinkan siap menyaingi Indartato yang kemungkinan diusung Partai Demokrat – Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Koalisi partai besar tersebut adalah PDI Perjuangan, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Hanura, Partai Gerindra dan Partai Golkar.

Langkah cepat pun dilakukan koalisi partai besar tersebut dengan menentukan  figur yang tepat untuk diusung dalam pelaksanaan Pilkada Pacitan, 9 Desember mendatang. ‘’Nanti mekanismenya masing-masing parpol anggota koalisi besar akan menyodorkan beberapa nama yang kemudian akan di verifikasi bersama-sama,’’ ujar Heru Setyanto, Bendahara DPC PDIP Pacitan, dilansir dari Radarmadiun, Sabtu (18/7/2015).

Saat ini, proses verifikasi bacabup dan bacawabup dari koalisi besar itu akan dilakukan secepatnya namun penuh pertimbangan. Mengingat, masa pendaftaran calon di KPUD Pacitan tinggal beberapa pekan lagi.

‘’Nanti akan dibahas bersama dalam sebuah rapat pleno koalisi. Untuk penentuan kapan waktunya saya belum bisa memastikan. Yang jelas, prosesnya akan dipercepat karena waktunya kian mepet,‘’ katanya.

Untuk kandidat yang kuat, nama Mardiyanto masih menjadi kandidat terkuat yang bakal disodorkan DPC PDIP di koalisi besar. Heru menyakini, Mardiyanto juga tak keberatan apabila dipasangkan dengan siapapun.

Mardiyanto juga memastikan, keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait anggota DPRD yang ingin macung harus mengundurkan diri terlebih dahulu tak akan mengusik Mardiyanto. ‘’Saya pikir Pak Mardiyanto siap dengan apapun segala konsekuensinya. Apalagi, ini merupakan tanggung jawab partai,’’ jelasnya.

Sementara, Mardiyanto menegaskan apapun amanah yang dibebankan oleh partai terkait pencalonannya akan terus dijalankan. Terlepas, dari hasil komunikasi di dalam tubuh tubuh koalisi besar. ‘’Jadi, ketika ada hal-hal khusus yang perlu dibicarakan nanti semua pihak (parpol anggota koalisi besar) memahami dan menghormati,’’ kata Wakil Ketua DPRD Pacitan tersebut.

Lebih lanjut dia mengharapkan, parpol di luar Partai Demokrat ini untuk menyatukan visi. Tujuannya, untuk menyelamatkan proses demokrasi di Pacitan agar terus berjalan. ‘’Yang pasti, PDIP wajib untuk turut serta dalam Pilkada Pacitan,’’ tutup pria yang juga Ketua DPC PDIP Pacitan itu. (her/eba/RAPP002/Radarmadiun)