Asyiknya Enam Tradisi Unik Lebaran di Pacitan ini

oleh -101.226 views
Agenda Sholat Ied di salah satu Lapangan di Pacitan. (Foto: Dwi)
Agenda Sholat Ied di salah satu Lapangan di Pacitan. (Foto: Dwi)
Agenda Sholat Ied di salah satu Lapangan di Pacitan. (Foto: Dwi)
Agenda Sholat Ied di salah satu Lapangan di Pacitan. (Foto: Dwi)

Pacitanku.com, PACITAN – Lebaran yang dinanti akhirnya tiba. Seluruh ummat Islam di dunia merayakannya dengan suka cita, tak terkecuali segenap masyarakat Pacitan yang merayakan Lebaran dengan berbagai cara istimewa.  Berbagai cara pun dilakukan warga Pacitan untuk menyambut hari kemenangan itu dengan suasana riang gembira.

Redaksi Pacitanku.com merangkum, setidaknya ada enam tradisi unik warga Pacitan dalam rangka memeriahkan hari raya yang jatuh setiap tanggal 1 Syawal ini.

Ngaturaken sedoyo kalepatan

Ini yang utama. Ngaturaken sedoyo kalepatan adalah sebuah kata berjuta makna. Para warga, saling silaturahmi dengan tetangga dan menyampaikan permintaan maaf, dan salah satu kalimat yang terucap adalah ngaturaken sedoyo kalepatan, yang bermakna menyampaikan semua salah dan khilaf. Kemudian biasanya ditambahi dengan beberapa kalimat lain, seperti nyuwun pangapunten, atau kata – kata maaf lainnya.

Baju baru

Baju baru identik dengan Lebaran. Bagi sebagian orang, Lebaran semakin lengkap dengan baju yang baru, minimal sarung, koko dan peci. Atau lebih unik lagi jika satu keluarga memakai seragam Lebaran, sehingga menjadikan Lebaran semakin bahagia.

Ketupat dan opor ayam

Lebaran semakin lengkap dengan adanya ketupat dan opor ayam. Bagi sebagian orang, ini adalah bentuk syukur kepada Allah SWT dan juga dirayakan dengan selametan dengan suguhan ketupat opor ayam. Ketupat opor ayam biasanya juga disajikan saat tetangga dan saudara menyambangi rumah. Dengan suguhan ketupat opor ayam, maka Lebaran bersama keluarga semakin lengkap dan penuh makna.

Jajan dan Kue Lebaran

Kue Lebaran juga menjadi sarana mempererat silaturahmi. Dan beragam jenis dan macam kue Lebaran di Pacitan membuat orang yang bersilaturahmi semakin betah bersilaturahmi. Kue tersebut mulai dari kue madu mongso, keripik, kerecek, kembang goyang, olahan kacang, hingga kue Lebaran modern.

Reuni

Nah, agenda reuni menjadi salah satu agenda lain dalam merayakan Lebaran. Biasanya reuni ini adalah mengenang masa lalu bersama teman-teman komunitas, alumni sekolah, hingga reuni keluarga. Saat momentum reuni, bisa juga menjadi salah satu cara untuk mendapatkan nomor hp teman lama, bahkan bisa juga dijadikan sarana cari jodoh. Hihihi.

Kunjungi Obyek Wisata Andalan

Pacitan adalah kota wisata. Sehingga saat momentum Lebaran, menjadi waktu yang tepat untuk mengunjungi obyek wisata di Pacitan, seperti pantai Klayar, Pantai Teleng Ria, Goa Gong, dan obyek wisata lainnya. Biasanya, agenda mengunjungi obyek wisata dilakukan setelah agenda silaturahmi dengan tetangga dan saudara selesai dilakukan.

Nah, demikian enam tradisi unik Lebaran di Pacitan, apakah kamu sudah melakukan semuanya?

Selamat Lebaran ya. (DPPP001)