Tren Kejahatan Meningkat, Begini Cara Polres Pacitan Lakukan Pencegahan

oleh -101.405 views
Himbauan Kamtibmas oleh jajaran Polres Pacitan. (Foto: Humas Polres Pacitan)
Himbauan Kamtibmas oleh jajaran Polres Pacitan. (Foto: Humas Polres Pacitan)
Himbauan Kamtibmas oleh jajaran Polres Pacitan. (Foto: Humas Polres Pacitan)
Himbauan Kamtibmas oleh jajaran Polres Pacitan. (Foto: Humas Polres Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Tren kejadian kejahatan dan tindak kriminal di Pacitan semakin meningkat sepekan jelang Hari Raya Idul Fitri 1436 H. Untuk melakukan antisipasi dan pencegahan, Kepala Kepolisian Resort (Polres) Pacitan, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Taryadi mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan.

Hal itu disampaiakan Taryadi usai menggelar apel operasi ketupat Pacitan 2015, Kamis (9/7/2015) di halaman Mapolres Pacitan. “Ini karena kemungkinan peningkatan kriminalitas menjelang dan selama Idul Fitri, selain itu, Polri akan berupaya maksimal menciptakan keamanan dan ketertiban sehingga warga dapat berlebaran dengan nyaman,” katanya kepada awak media.

Lebih lanjut, Taryadi mengungkapkan bahwa pihaknya menggelar berbagai kegiatan pencegahan dan penanganan terhadap kemungkinan terjadinya tindak kejahatan. “Eskalasi kriminalitas kemungkinan meningkat. Tetapi kita akan meminimalisir itu antisipasi dengan penggelaran pasukan. Termasuk yang pospam dan patroli ke daerah rawan,” ujarnya.

Selain melakukan patroli, sosialisasi juga dilakukan jajaran Polres Pacitan kepada masyarakat setempat. Kegiatan tersebut diantaranya melakukan himbauan Kamtibmas di dalam Pasar yang dilakukan oleh Polisi Wanita (Polwan) Kepolisian Sektor Arjosari, baru-baru ini.

Sebagaimana diinformasikan Pid Humas Polres Pacitan, para polwan tersebut melakukan pemberitahuan dengan menggunakan pengeras suara dimaksudkan agar semua masyarakat yang beraktifitas di dalam pasar lebih berhati-hati dan agar tidak membawa perhiasan yang mencolok guna menghindari niat dan kesempatan tindak kejahatan.

Selain himbauan di dalam pasar, pihak kepolisian juga melakukan pemasangan selebaran Kamtibmas di beberapa tempat publik yang dilakukan Satbinmas Polres Pacitan. Selebaran berisi tentang himbauan tentang kewaspadaan dan peningkatan kehati-hatian masyarakat selama ramadhan dan menjelang lebaran dimana biasanya niat kriminalitas meningkat.