Tiket Mudik Surabaya ke Pacitan Ludes Diserbu Pemudik

oleh -Dibaca 710 kali
Mudik ke Pacitan
Mudik ke Pacitan
Mudik ke Pacitan
Mudik ke Pacitan

Pacitanku.com, PACITAN – Meski agenda mudik baru mulai berlangsung sekitar pekan depan, namun tiket bus mudik Lebaran gratis yang disiapkan Dinas Perhubungan (Dishub) dan Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Provinsi Jawa Timur untuk jurusan Surabaya – Pacitan tahun ini telah ludes dipesan pemudik.

“Informasi yang kami terima dari petugas provinsi begitu,” Kepala Bidang Manajemen Lalu Lintas dan Angkutan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Pacitan, Agus Haryanto, Senin, (29/6/2015) kemarin, sebagaimana dilansir Tempo.

Agus menilai, habisnya tiket mudik gratis sebagai bentuk apresiasi warga yang tinggi terhadap program kegiatan tersebut. Setelah pendaftaran dibuka pada Sabtu, 27 Juni 2015, tempat duduk yang disediakan sekitar 1.000 buah di dalam 20 unit bus telah ludes dipesan pada Senin ini. “Tingginya animo pemudik ini mungkin karena faktor keamanan dan mudik dalam perjalanan,” kata  Agus.

Menurut dia,keberangkatan bus mudik gratis dari Surabaya ke Pacitan dijadwalkan dua gelombang. Pertama pada 14 Juli 2015 dengan sepuluh armada dan sepuluh bus sisanya berangkat sehari setelahnya, 15 Juli 2015. Mayoritas penumpangnya adalah para buruh di perusahaan swasta yang ada di Surabaya dan Sidoarjo.

Selain mudik, Dishub dan LLAJ Jawa Timur juga menjalankan program balik gratis. Menurut Agus, di hari pertama pendaftaran, Senin, 29 Juni 2015, sudah sepuluh dari 550 tempat duduk dalam 11 armada telah dipesan.
Adapun persyaratan pendaftarannya adalah foto kopi kartu tanda penduduk atau kartu keluarga. “Keluarga pemudik yang tinggal di Pacitan mendaftarkan ke kami,” ucap Agus.

Kepala Seksi Angkutan Orang dan Barang Dishubkominfo Pacitan, Agus Winarno mengatakan keberangkatan bus balik gratis dijadwalkan pada 21 Juli 2015. Adapun lokasi pemberangkatannya di pendapa Pemerintah Kabupaten Pacitan. “Akan diberangkatkan oleh bupati, seperti tahun-tahun sebelumnya,” ungkapnya. (RAPP002/Nofika/Tempo)