Pilkada Serentak Jatim Hanya Diikuti 9 Pasangan Independen

oleh -274 views
Ilustrasi Pilkada. (Foto : Gulalives)
Ilustrasi Pilkada. (Foto : Gulalives)
Ilustrasi Pilkada. (Foto : Gulalives)
Ilustrasi Pilkada. (Foto : Gulalives)

Pacitanku.com, SURABAYA – Agenda Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di Provinsi Jawa Timur pada 9 Desember mendatang ternyata tak begitu banyak yang berminat mendaftar melalui jalur independen. Hal itu diketahui setelah Pilkada tersebut hanya akan diikuti oleh sembilan pasangan bakal calon perseorangan yang tersebar di delapan daerah.

Menurut Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Timur, Choirul Anam, delapan daerah tersebut yakni dua pasangan bakal calon perseorangan di Kabupaten Lamongan, dan masing-masing sepasang di Kabupaten Ngawi, Kabupaten Tuban, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Ponorogo, Kota Blitar, Kota Pasuruan dan Kabupaten Malang.

Ke-9 pasangan bakal calon perseorangan tersebut, kata dia, terdaftar dan lolos verifikasi administrasi di delapan KPU kabupaten/kota.”Ke-9 bakal calon perseorangan itu akan segera mengikuti verifikasi faktual di lapangan untuk memastikan kebenaran dukungan yang sudah diserahkan ke KPU setempat,” ungkapnya, baru-baru ini.

Dikatakan Anang, proses verifikasi faktual dijadwalkan berlangsung 23 Juni sampai 6 Juli 2015, kemudian hasil verifikasi faktual tahap satu maksimal 19 Juli 2015. “Kalau masih belum memenuhi persyaratan akan ada masa perbaikan 4-7 Agustus. Pengumuman lolos atau tidak dijadwal 21 Agustus mendatang,”ungkapnya. (RAPP002)