Faktor Petahana dan Syarat yang Cukup Berat, Alasan Nihilnya Calon Independen di Pilkada Pacitan

oleh -Dibaca 1.081 kali
Ilustrasi Pilkada. (Foto : Gulalives)
Ilustrasi Pilkada.
Ilustrasi Pilkada. (Foto : Gulalives)
Ilustrasi Pilkada. (Foto : Gulalives)

Pacitanku.com, PACITAN – Agenda pesta demokrast Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Pacitan dipastikan tanpa calon dari jalur independen. Hal itu dipastikan setelah hingga batas terakhir penyerahan berkas dukungan, Senin (15/6/2015) pukul 16.00 WIB kemarin tak ada calon yang menyerahkan beras dukungan.

Hadir dalam rapat pleno, lima anggota KPU Kabupaten Pacitan, Sekretaris KPU Kabupaten Pacitan serta Ketua dan anggota Panwas Kabupaten Pacitan. Rapat pleno penutupan penyerahan dukungan calon perseorangan ditetapkan dalam Berita Acara Nomor 39/BA/KPU Kab-014.329826/VI/2015.

“Tidak adanya calon perseorangan dalam pilbup mendatang diduga terjadi karena syarat bagi calon yang maju dari jalur Independen dinilai cukup berat, dimana mereka harus mengumpulkan setidaknya 44 ribu dukungan di enam Kecamatan di Pacitan,” kata Ketua KPU, Damhudi menyikapi masih nihilnya calon Bupati-Wakil Bupati yang mendaftar.

Selain faktor beratnya syarat pendaftaran, ditengarai, elektabilitas nama petahana, Indartato sebagai Calon Partai Demokrat dinilai menjadi pertimbangan tersendiri, sehingga untuk bersaing melalui jalur Independen dinilai bukan pilihan tepat.

Diketahui, sejak pendaftaran pengumpulan berkas dukungan Calon Perseorangan dibuka pada 11 hingga 15 Juni, tak ada satupun masyarakat yang berminat. Sementara, untuk pendaftaran Calon Bupati dan Wakil Bupati Pacitan sendiri direncanakan bakal dilaksanakan pada 27 hingga 29 Juli mendatang. Sedangkan pemilihan digelar pada Rabu Pahing 9 Desember mendatang.