Pemkab Siap Telusuri Kemungkinan PNS Gunakan Ijazah Palsu

oleh -Dibaca 844 kali
PNS di Pacitan. (Foto : UPT TK dan SD Donorojo)
PNS di Pacitan. (Foto : UPT TK dan SD Donorojo)
PNS di Pacitan. (Foto : UPT TK dan SD Donorojo)
PNS di Pacitan. (Foto : UPT TK dan SD Donorojo)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) akan menelusuri kemungkinan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pacitan yang menggunakan ijazah palsu. Hal itu sebagai tindak lanjut maraknya peredaran Ijazah palsu yang akhir – akhir ini marak.

Meski belum memperoleh surat edaran Kementrian Dalam Negeri, BKD siap menelusuri kemungkinan para PNS pemegang Ijazah palsu di berbagai dinas di Pacitan.

“Sebagai respon marakanya peredaran ijazah palsu, BKD telah bersiap melakukan penelusuran kemungkinan pemakaian ijazah palsu oleh para Pegawai Dilingkup Pemkab Pacitan, kami tetap akan mengiventarisir dokumen ijazah milik ribuan PNS di Pacitan,” kata Supanji, Sekretaris BKD Pacitan, baru-baru ini.

Pihak BKD juga belum dapat memastikan kapan hasil inventarisir pemakaian ijazah palsu itu diketahui sekaligus dipublikasi ke masyarakat. “Yang pasti sembari menunggu surat edaran Kemendagri, BKD segera menyikapi maraknya peredaran ijazah palsu di Pacitan,” pungkasnya.

Sementara, Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo memberikan sinyal akan memecat secara tidak hormati PNS yang terbukti menggunakan ijazah palsu. Untuk membuktikan itu, Tjahjo sendiri akan membentuk tim untuk melakukan peninjauan. Seluruh PNS diyakini tidak akan lolos dari pengecekan keaslian ijazah ini. “Kalau terbukti memakai gelar akademik palsu atau aspal sebaiknya langsung diberhentikan tidak hormat baik dalam jabatannya maupun sebagai PNS,” kata Tjahjo di Jakarta,  belum lama ini. (RAPP002/JTV Pacitan)