Indartato: KRPL di Hadiluwih Tak Kalah Maju

oleh -Dibaca 2.258 kali
Tim Penilai saat meninjau KRPL Hadiluwih. (Foto : SKPD Pacitan)
Tim Penilai saat meninjau KRPL Hadiluwih. (Foto : SKPD Pacitan)

Pacitanku.com, NGADIROJO – Bupati Pacitan Indartato menyampaikan bahwa pemanfaatan lingkungan sekitar melalui Program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), menjadi solusi tepat kebutuhan dapur rumah tangga.

Hal itu disampaikan pria yang akan kembali maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pacitan ini saat mendampingi tim penilai Lomba KRPL tingkat Jawa Timur tahun 2015 di Desa Hadiluwih Kecamatan Ngadirojo, Rabu (10/5/2015).

Sebagai informasi, Desa Hadiluwih  Kecamatan Ngadirojo mewakili Kabupaten Pacitan dalam lomba KRPL tingkat provinsi. Penilaian sendiri bertujuan memotivasi pelaksana KRPL agar lebih aktif dan berkesinambungan.

Menurut Indartato, tidak hanya mencukupi kebutuhan dapur namun, hasil panen dari KRPL dapat dijual sebagai tambahan penghasilan.

“Ditengah naiknya harga kebutuhan pokok menjelang bulan puasa, tidak menjadi persoalan, meskipun awalnya KRPL ini di Desa Kayen Kecamatan Pacitan, namun ternyata Desa Hadiluwih tidak kalah maju, bahkan bisa lebih berkembang dan beragam tanamannya,” paparnya sebagaimana dilansir laman SKPD Pacitan.

Senada dengan Indartato, Budi Harsono yang mewakili Badan Ketahanan Pangan Provinsi Jatim juga menyampaikan bahwa tujuan utama KRPL adalah meningkatkan ketersediaan cadangan pangan keluarga.

“Pun demikian dengan keanekaragaman pangan dapat Meningkatkan kualitas gizi keluarga, bukan hanya kebutuhan sehari hari, hasil dari KRPL juga mendukung penghasilan keluarga, selain itu juga untuk menambah penghasilan keluarga dan menumbuhkan ekonomi kreatif setiap desa,” tandasnya. (SKPD/Wan/Riz/RAPP002)