Atlet Catur Pacitan Berjaya di Porprov Jatim

oleh -587 views
Catur jadi andalan Pacitan dulang medali. (Foto: IST)
Catur jadi andalan Pacitan dulang medali. (Foto: IST)
Catur jadi andalan Pacitan dulang medali. (Foto: IST)
Catur jadi andalan Pacitan dulang medali. (Foto: IST)

Pacitanku.com, BANYUWANGI – Target dua emas yang dicanangkan oleh Komite Nasional Olahraga Indonesia (KONI) Cabang Pacitan sepertinya sesuai harapan. Pasalnya, atlet catur Pacitan yang berlaga di kejuaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V Jawa Timur sukses meraih dua emas, Senin (8/6/2015) lalu di Hotel Minak Jonggo, Kecamatan Glenmore, Banyuwangi.

Pacitan sukses meraih dua medali emas dari nomor Catur Cepat perorangan putra melalui atletnya, Catur Adi Sagita, dan dari nomor beregu putri.  Catur nomor cepat yang harus ditempuh peserta dalam waktu maksimal 25 menit itu dimainkan dalam tujuh babak dan berlangsung sehari.

Pada sehari sebelumnya, dilombakan nomor Catur kilat yang wajib dimainkan setiap atlet paling lama 10 menit. Juara catur kilat perorangan putra adalah Muh. Agus Kurniawan (Kabupaten Probolinggo), diikuti M. Khoirul Umam (Kabupaten Lamongan) dan Catur Adi Sagita (Kabupaten Pacitan) serta Erly Candra (Kabupaten Pamekasan).

Lomba Catur Porprov  V diakhiri pada nomor Standar mulai Selasa (9/6) hingga Jumat (12/6). Catur nomor ini dibatasi waktunya hingga 90 menit. Untuk nomor beregu putra, medali emas diraih Kota Surabaya, medali perak Kota Malang, dan medali perunggu Kabupaten Gresik serta Kabupaten Tulungagung.

Nomor yang sama di bagian putri dijuarai Widya Tri (Kabupaten Jember), medali perak Resti Aprilia (Kabupaten Jember), medali perunggu Zulma Mardiah (Kota Probolinggo) dan Farikha Mariroh (Kabupaten Lumajang). Di kelompok beregunya, medali emas direbut Kabupaten Pacitan, perak (Kabupaten Sidoarjo), perunggu Kota Surabaya dan Kota Malang.

Dalam gelaran Porprov kali ini, Pacitan mengirim 77 kontingen yang terdiri dari atlet dan official dalam Porprov yang akan digelar pada 6-13 Juni 2015 itu. Dari total 35 cabor yang dilombakan, Pacitan hanya mengikuti 10 cabor, yakni 10 cabor catur, angkat besi, gulat, volly in door, sepak takraw, billyard, bridge, tenis meja, bulu tangkis dan serta panjat tebing. (RAPP002)