SMPN 1 Pacitan Raih Penghargaan Nasional Adiwiyata Mandiri Tahun 2015

oleh -Dibaca 1.284 kali

Pacitanku.com, BOGOR – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri I Pacitan sukses meraih prestasi membanggakan tingkat nasional. Hal itu diketahui setelah sekolah legendaris di Pacitan ini meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri Tahun 2015.

Sebagai informasi, Adiwiyata merupakan salah satu penghargaan lingkungan hidup yang diberikan oleh Kementerian Lingkungan Hidup Indonesia. Penerimanya adalah sekolah-sekolah di Indonesia yang dinilai berbudaya lingkungan.

Adapun tjuannya adalah untuk mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata sekolah yang baik untuk mendukung pengembangan yang berkelanjutan.


Atas  prestasi ini, SMP yang terletak di pusat kota tersebut meraih penghargaan yang diberikan secara langsung oleh Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor pada Jumat (5/6/2015) kemarin.

Pengumuman dan penghargaan sekolah Adiwiyata Mandiri merupakan salah satu puncak rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup 2015 di Indonesia. Adapun,  penerima penghargaan Sekolah Adiwiyata Mandiri pada tahun 2015 ini mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya.

Pada 2014 Adiwiyata Mandiri diterimakan pada 47 SD, SMP, SMA dan sederajat, pada tahun 2015 jumlahnya mencapai 95 sekolah. seperti tahun sebelumnya, Jawa Timur menjadi provinsi dengan penyumbang Sekolah Adiwiyata Mandiri terbanyak, yakni dengan 28 sekolah, kemudian disusul oleh Sumatera Barat dan Sumatera Utara dengan masing-masing 9 dan 8 Sekolah Adiwiyata Mandiri. (RAPP002)