Ini Saran Partai Demokrat untuk Pemerintah

oleh -Dibaca 885 kali
SBY saat memberikan sambutan di depan peserta Kongres IV Partai Demokrat. (Foto: SBY)
SBY saat memberikan sambutan di depan peserta Kongres IV Partai Demokrat. (Foto: SBY)
SBY saat memberikan sambutan di depan peserta Kongres IV Partai Demokrat. (Foto: SBY)
SBY saat memberikan sambutan di depan peserta Kongres IV Partai Demokrat. (Foto: SBY)

Pacitanku.com, SURABAYA – Usai menggelar Kongres keempat, Partai Demokrat yang kembali dipimpin oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan saran dan rekomendasi untuk Pemerintahan yang dipimpin Presiden Joko Widodo.

Saran dan rekomendasi tersebut disampaikan oleh pria asal Tremas, Arjosari, Pacitan tersebut saat menyampaikan pidato politiknya dalam penutupan Kongres IV di Hotel Sangri-La, Surabaya, Rabu (13/5/2015) malam WIB.

Dikatakan SBY, Partainya memberikan 10 rekomendasi kepada negara dan pemerintah, agar pemerintahan Jokowi sukses mengemban tugas dan rakyat dapat terus ditingkatkan kesejahteraannya.

“Pertama, terus menjaga dan menghidupkan kembali iklim dan kampanye pemberantasan korupsi, karena rakyat menginginkan Indonesia semakin ke depan semakin bersih dan semakin bebas dari korupsi, utamakan pencegahan, tetap agresif dan tanpa pandang bulu, cermat dan tidak gegabah dalam menetapkan seseorang sebagai tersangka, tidak ada motif politik, serta putusan pengadilan diharapkan objektif dan adil,” papar SBY dihadapan peserta Kongres IV Partai berlambang Mercy ini.

Lebih lanjut, rekomendasi kedua, kata SBY, adalah selamatkan KPK-Polri, agar kedua lembaga penegak hukum itu bisa bekerja efektif dan fungsinya tidak terganggu karena benturan perseorangan. Ketiga, TNI-Polri harus terbebas dari lingkar politik kekuasaan, agar tidak mengkhianati reformasi dan tidak terpecah-belah.

“Keempat, Partai Demokrat berharap pemerintah mengembalikan dan menghidupkan kembali program prorakyat agar tercipta keadilan sosial bagi masyarakat. Kelima, agar APBN dan APBD tidak habis hanya untuk pembangunan infrastruktur, melainkan bisa diutamakan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat,” jelasnya.

Rekomendasi keenam, kata SBY, adalah menjaga dan menghidupkan kembali MP3EI, apapun namanya. MP3EI disusun secara bersama oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, BUMN dan swasta, yang tentu memerlukan perbaikan.

“Ketujuh, terkait persoalan ekonomi, perlambatan pertumbuhan, dan masalah di sektor moneter, fiskal, dan riil, maka pemerintah diminta dapat mengelola ekonomi secara sungguh-sungguh dengan kebijakan tepat dan efektif, agar ekonomi tumbuh, pengangguran dan kemiskinan berkurang,” ujar SBY.

Rekomendasi kedelapan, adalah kedaulatan negara dan keutuhan NKRI adalah harga mati, dan Partai Demokrat setuju dengan sikap pemerintah, akan tetapi jangan sampai tindakan taktis di lapangan keliru, sehingga membuat buruk hubungan negara Indonesia dan negara tetangga. “Tegaknya kedaulatan dan keutuhan NKRI dengan terjaganya hubungan internasional, sesungguhnya dapat dicapai bersamaan,” kata SBY.

Kemudian, rekomendasi kesembilan berkaitan kehidupan bernegara yang sehat dengan etika politik dan keinginan baik dari segenap elemen bangsa, Demokrat berharap ke depan terjalin hubungan yang sehat antara negara, pemerintah dengan partai politik dan sesama partai politik dengan prinsip saling menghormati dan saling menghargai.

“Kesepuluh, Partai Demokrat berharap semua keputusan, tindakan dan kebijakan pemerintah dapat dikomunikasikan pada masyarakat luas, agar masyarakat tidak salah persepsi, dan bisa ikut mengontrol apakah kebijakan itu sesuai dengan tatanan konstitusi dan perundang-undangan, serta aspirasi rakyat. 

Dalam penutupan sambutannya, SBY mengatakan bahwa Partai Demokrat berpendapat jika pemerintah berkenan menerima 10 rekomendasi Partai Demokrat tersebut, diyakini akan banyak lagi yang dapat dicapai pemerintah dalam memajukan rakyat Indonesia. (DP/Gulalives)