Pilkada Pacitan: PDIP dan PKS Merapat ke Demokrat?

oleh -Dibaca 779 kali
Ilustrasi Pilkada. (Foto : Gulalives)
Ilustrasi Pilkada.
Ilustrasi Pilkada. (Foto : Gulalives)
Ilustrasi Pilkada. (Foto : Gulalives)

Pacitanku.com, PACITAN – Tujuh bulan jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Pacitan, sepertinya beberapa partai memilih realistis dan cenderung cari aman untuk mendukung partai pemenang Pemilu di Pacitan, Partai Demokrat. Setidaknya dua partai sudah menyampaikan sinyal koalisi dengan partai pimpinan Indartato tersebut, yakni PDI Perjuangan Pacitan dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Pacitan mengisyaratkan akan bergabung dengan Partai Demokrat. Sinyal koalisi tersebut diungkapkan oleh anggota DPC PDIP Pacitan, Setyo Raharjo, belum lama ini.

Setelah melalui berbagai pertimbangan, partai pimpinan juragan akik Mardiyanto itu berencana mengambil sikap politiknya untuk berkoalisi dengan mantan seterunya di Pilkada 2010 lalu.”PDIP sangat membuka diri seandainya benar bisa berkoalisi dengan Partai Demokrat,” tandasnya belum lama ini.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Yoyok ini menyampaikan bahwa rencana koalisi dua partai besar tersebut adalah untuk kemajuan Pacitan. Kita kesampingkan ego sektoral kita. Yang terpenting, bagaimana menatap Pacitan kedepan,” katanya.

Sebelumnya, PKS juga menyampaikan sikapnya bahwa  hampir seratus persen bakal merapat ke Partai Demokrat. ‘’Selain kami sudah satu fraksi di DPRD, selama ini juga komunikasi politik dengan Partai Demokrat (PD) berjalan baik,’’ ujar Nur Rochman yang juga anggota Komisi II DPRD Pacitan itu.

Menurut pria asal Tegal, Jawa Tengah ini, langkah politik PKS didasarkan atas keberhasilan berkoalisi dengan PD saat pilkada Pacitan 2010 lalu. Menurut mantan Ketua DPD PKS Pacitan ini, partainya memang patut diperhitungkan parpol lain untuk diajak berkoalisi. Meskipun hanya menempatkan satu wakilnya di parlemen, namun hal itu tidak boleh dikesampingkan, merujuk pada Pileg, mengingat pada pemilihan legislatif (pileg) tahun 2014 lalu, PKS mampu mengantongi sekitar 65 ribu suara.

Jika koalisi tiga parpol tersebut benar-benar terjadi, maka jumlah kursi yang digabungkan menjadi 52,5% kursi dewan atau 21 kursi, dengan rincian Partai Demokrat 14 kursi, PDIP 6 kursi dan PKS 1 kursi.

Dua tokoh PDIP Pacitan, yakni Mardiyanto dan Setyo Raharjo dan satu tokoh PKS Ririn Subiyanti sendiri masuk dalam bursa calon kepala daerah versi Litbang Pacitanku. Namun demikian, keduanya masih belum bisa bersaing dengan Indartato yang menguasai polling Pilkada Pacitan. (yun/RAPP002)