Menikmati Asrinya Pantai Kaliuluh Kebonagung

oleh -101.565 views
Pantai Kaliuluh di Klesem, Kebonagung. (Foto: Arif Sasono)
Pantai Kaliuluh di Klesem, Kebonagung. (Foto: Arif Sasono)
Pantai Kaliuluh di Klesem, Kebonagung. (Foto: Arif Sasono)
Pantai Kaliuluh di Klesem, Kebonagung. (Foto: Arif Sasono)

Pacitanku.com, KEBONAGUNG – Salah satu pantai di Pacitan yang masih cukup alami disertai pemandangan elok adalah Pantai Kaliuluh. Pantai yang belum terkenal seperti pantai yang lainnya di Pacitan ini adalah pantai dengan pemandangan lengkap dan menarik.

Jika anda tertarik mengunjungi pantai ini, bisa dilalui melalui JLS (Jalur Lintas Selatan). Dari Pacitan kota ikuti JLS sampai bertemu fly over Jembatan Gayam. Kemudian, tepat sebelum fly over ada pertigaan ambil kiri mengikuti jalan yang menanjak dan menikung tajam sampai Pasar Gayam. Dari Pasar Gayam ambil jalan yang lurus melewati jembatan gayam. Ikuti terus jalan utama sampai ketemu gapura masuk Desa Klesem.

Kemudian, sekitar 50 meter dari gapura ini ada pertigaan, ambil kiri. Ikuti terus jalan utama yang sudah diaspal sampai menemukan SDN Klesem di kiri jalan. Setelah SD ini ada pertigaan, ambil yang kanan. Kemudian mengikuti terus jalan ini dan menjelang pantai jalan berupa jalan rabat yang menurun dan berkelok-kelok curam.

Pantai yang terletak di desa Desa Klesem Kecamatan Kebonagung ini dapat dijumpai area sawah pertanian dengan sistem terasiring yang khas alam pedesaan.

Selain itu ada juga area perkebunan kelapa disepanjang pantai, area pelabuhan nelayan yang terdapat di sisi sebelah barat pantai, dan empat sungai kecil yang bermuara di Pantai Kaliuluh. Salah satu dari sungai itu memiliki air terjun yang lumayan tinggi, yakni sekitar 10 hingga 20 meter yang terletak hanya sekitar 50 meter dari bibir pantai. Air terjun inilah yang mengalirkan air jernih yang menyegarkan dan mengalir melalui sungai kecil dan bermuara di pantai tersebut.

Berdasarkan pembagiannya, pantai Kaliuluh ini dibagi menjadi dua area, area yang pertama adalah area pelabuhan, yang terletak di bagian barat. Biasanya, para wisatawan kebanyakan hanya menikmati area ini. selain menikmati pemandangann pantai, ikan, perahu nelayan, para pengunjung juga bisa menikmati makanan dan minuman yang dijual di warung-warung di area pantai ini.

Sedangkan area kedua adalah area petualangan, yang dikhususkan bagi yang ingin menikmati sensasi berpetualang. Area ini terletak di pantai sisi timur.  Kita bisa ke area ini dengan berjalan kaki menyusuri pasir ke arah timur, atau bisa juga melewati jalan setapak menembus perkebunan kelapa di pinggir pantai, namun memang membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk sampai di ujung timur pantai.

Di area petualangan ini, ada beberapa tempat datar disekitar sungai paling timur ini yang bisa dipakai untuk mendirikan tenda. Akses air bersih dekat, dan jika ingin berbilas setelah bermain air laut, bisa mandi di air terjun ataupun berendam di sungai kecil. Berdasarkan informasi, saat surut, pantai di area ini membentuk semacam kolam-kolam kecil yang bisa digunakan untuk bermain air laut. Selain itu, kita juga bisa menyaksikan dasar pantai yang berupa koral dan karang sehingga airnya sangat jernih.

Untuk ombak, pantai ini tergolong pantai yang tidak direkomendasikan untuk berenang atau mandi di laut karena ombaknya besar dan berbahaya. Namun demikian, ombak Pantai Kaliuluh yang besar ini justru menjadi daya tarik tersendiri bagi kalangan surfer, sehingga pantai inipun sering digunakan untuk surfing. Jangan lupa tetap jaga kebersihan ya, jangan lupa mmebuang sampah pada tempatnya. Selamat menikmati keasrian pantai Kaliuluh. (Arif/Infonyapacitan/RAPP002)