PNS Pacitan Dibekali Pelatihan Tanggap Bencana

oleh -Dibaca 1.167 kali
BPBD Pacitan saat menggelar simulasi penanganan bencana. (Foto: BPBD)
ilustrasi penanganan bencana (Foto: BPBD Pacitan)
ilustrasi penanganan bencana (Foto: BPBD Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Sebagai bentuk antisipasi bencana alam yang kerap terjadi di Pacitan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan menggelar pelatihan tanggap bencana bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Bupati Pacitan Indartato menegaskan, makna perlindungan masyarakat dalam arti luas adalah memberikan dan memfasilitasi masyarakat agar terbebas dari rasa takut dan rasa tidak aman.

“Termasuk diantaranya segala bentuk gangguan, ancaman, dan bencana, tugas berat tersebut merupakan tanggungjawab bersama aparat pemerintah dengan semua komponen dan kekuatan yang ada,” jelasnya, selasa (5/5/2015) kemarin, dilansir dari laman resmi SKPD Pacitan.

Sementara, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Perlindungan Masyarakat (Satpol PP dan Linmas)  Pacitan, Sanyoto menuturkan ancaman bencana alam yang dapat terjadi sewaktu-waktu menuntut semua pihak lebih waspada, tidak terkecuali bagi aparat pemerintah. Sebagai pelayan masyarakat, Pegawai Negeri Sipil diharapkan selalu siaga.

“Para peserta dapat menerapkan ilmu yang diperolehnya setelah kembali ke bangku kerja, tentu saja, semua tindakan yang dilakukan harus tetap menjunjung tinggi etika birokrasi,” katanya, 

Pendidikan dan Latihan Dasar Linmas bagi PNS ini diikuti 30 orang dan berlangsung selama 9 hari hingga 13 Mei mendatang. Secara berkala, para abdi negara diwajibkan mengikuti pendidikan dan latihan perlindungan masyarakat. Mereka nantinya diharapkan menjadi kader tangguh dan siap pakai di lingkungan kerja masing-masing. (Pur/Riz/RAPP002)