Dana Dari Pusat Macet, Pemkab Siapkan Rp 3,5 M Perbaiki Jalan ke Klayar

oleh -10632 views
Pelebaran Jalan Goa Gong (Dok.Pacitanku)
Pelebaran Jalan Goa Gong (Dok.Pacitanku)
Pelebaran Jalan Goa Gong (Dok.Pacitanku)
Pelebaran Jalan ke arah pantai Klayar (Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan rupanya sangat serius untuk mengembangkan kawasan wisata Pantai Klayar di Dusun Kendal, Desa Sendang, Donorojo. Upaya tersebut ditandai dengan rencana Pemkab meminta permohonan bantuan anggaran ke pemerintah pusat. Namun demikian, pada Musrenbagnas 2016, ternyata jalan tersebut tak masuk rencana pemerintah, sehingga Pemkab pada akhirnya mencari celah lain.

Salah satu yang akan disisihkan untuk pembangunan jalan tersebut adalah dana APBD. Rencananya, anggaran sekitar Rp 3,5 miliar digelontorkan pemkab tahun ini.

Menurut Bupati Indartato, melalui dana APBD tersebut akan digunakan untuk melakukan perbaikan yang mencakup beberapa titik jalan. “Terutama di tikungan yang memiliki lebar yang cukup, seperti jalan sepanjang 2,8 kilometer yang terhitung mulai Puskesmas Pembantu Kalak hingga ke Pantai Klayar, dengan begitu, kami berharap akses menuju Pantai Klayar bisa lebih lancar,’’ paparnya, baru-baru ini.

Perlu diketahui, berdasarkan data dinas bina marga dan pengairan setempat, sejatinya panjang jalan yang belum mendapatkan sentuhan dari pusat tersebut sekitar 7,7 kilometer. Untuk menuntaskan pekerjaan itu, menurut perhitungan dinas bina marga dan pengairan, anggaran yang diperlukan mencapai Rp 45,5 miliar, sehingga jika baru ada Rp 3,5 miliar, pembangunan masih membutuhkan dana Rp 42 miliar lagi untuk merampungkannya. (RAPP002)