Lomba Panembrono Meriahkan Hardiknas di Pacitan

oleh -131.238 views
Lomba Panembrono. (Foto: SKPD Pacitan)
Lomba Panembrono. (Foto: SKPD Pacitan)
Lomba Panembrono. (Foto: SKPD Pacitan)
Lomba Panembrono. (Foto: SKPD Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Sebanyak 12 kelompok karawitan tingkat anak-anak sekolah dasar (SD), Rabu (29/04)  beradu kreatifitas di Pendopo Kabupaten. Gerak lincah dari tangan-tangan mungil cekatan menabuh gamelan selaras dengan gerak para penari. 

Kepiawaian anak-anak dalam memainkan gamelan jawa, sontak mengundak decak kagum penonton yang tumpah ruah memadati pendopo agung Pacitan. Setiap kelompok karawitan terdiri dari 20 hingga 25 anak. Mereka merupakan kelompok karawitan SD terpilih mewakili kecamatan masing-masing. 
Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari pendidikan Nasional. Bukan hanya lomba karawitan untuk siswa siswi sekolah dasar, para guru juga diadu dalam lomba panembromo.
Menurut Kepala Bidang TK/SD Dinas Pendidikan Pacitan Sukatmin mengatakan, kegiatan ini merupakan ajang kreatifitas bagi anak-anak dan guru. Melalui seni budaya diharapkan tertanam perilaku dan sikap yang berkarakter. ” Ajang ini merupakan agenda tahunan dan peserta terbaik memiliki kesempatan mewakili Pacitan dalam even  yang sama ke tingkat lebih tinggi,” kata Sukatmin, dilansir dari laman resmi SKPD Pacitan 
Sementara itu, Wakil Bupati Pacitan Soedjono saat membuka lomba karawitan tingkat sekolah dasar mengatakan, sangat mengapresiasi kegiatan ini. Soedjono berharap generasi muda lebih mengenal dan mencintai warisan budaya Jawa yakni karawitan.
Selain faktor harmonisasi gending, penilaian juga di dasarkan pada kemampuan peraga disertai latar gerak dan medium bantu. Dan yang tidak kalah penting adalah kreatifitas penyajian dan tingkat kesulitanya. kejuaraan akan diambil juara umum serta 5 terbaik. Meliputi, penyaji terbaik, pengendang terbaik dan vokal terbaik. (Riz/SKPD/RAPP002)