Jatim Raih Penghargaan Prangripta Nusantara 2015 dan Inovasi Pelayanan Publik

oleh -13485 views
Penghargaan dari Pemerintah untuk Daerah. (Foto: IST)
Penghargaan dari Pemerintah untuk Daerah. (Foto: IST)
Penghargaan dari Pemerintah untuk Daerah. (Foto: IST)
Penghargaan dari Pemerintah untuk Daerah. (Foto: IST)

Pacitanku.com, JAKARTA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur kembali mendapatkan dua penghargaan nasional Hotel Bidakara Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu (29/4/2015). Kali ini, pengahrgaan tersebut adalah Prangripta Nusantara 2015 dan Inovasi Pelayanan Publik yang diberikan oleh Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago kepada Gubernur Jatim, Soekarwo.

Pemprov Jatim mendapatkan juara harapan pertama dalam kategori penghargaan yang memperhatikan kualitas Rancangan Awal Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD). Selain itu, Kalimantan Selatan mendapatkan predikat juara pertama,  Aceh sebagai harapan kedua dan Sulawesi Selatan sebagai harapan ketiga.

Sementara, Provinsi dengan kualitas RKPD terbaik, antara lain Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai terbaik pertama, Provinsi Kalimantan Timur sebagai terbaik kedua dan Provinsi Jawa Barat sebagai terbaik ketiga.

“Penghargaan ini diberikan kepada pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota. Selanjutnya juga akan diberikan bagi provinsi terbaik dalam capai tujuan MDGS,” kata Menteri PPN/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago dalam sambutannya.

Untuk kategori daerah, pemenangnya diantaranya adalah Kabupaten Aceh Barat sebagai terbaik pertama, Kabupaten Sleman sebagi terbaik kedua, Kabupaten Muara Enim sebagai terbaik ketiga, Lombok Utara sebagai harapan pertama, Kabupaten Siak sebagai harapan kedua dan Banyuwangi sebagai harapan ketiga.

Sebagamana diketahui, penghargaan Pangripta Nusantara adalah penghargaan kepada daerah yang menyusun perencaan pembangunan daerah secara baik dan sistematis.

Sebelumnya, Jatim juga mendapatkan dua penghargaan nasional di bidang pemerintahan daerah pada tahun 2015. Dua penghargaan tertinggi tersebut adalah Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha dan Samkaryanugraha Parasamya Purna Karya Nugraha.

Penghargaan yang diberikan Presiden Jokowi tersebut diserahkan langsung kepada Gubernur Jawa Timur, Soekarwo dalam Peringatan Ke-XIX Hari Otonomi Daerah di Istana Negara Jakarta, Selasa (28/4/2015) kemarin. (RAPP002)