Rentetan Bencana Kepung Pacitan Selama Sepekan

oleh -131.095 views
Sebuah mobil avanza terjebak longsor di Tegalombo. (Foto : Pusdatin BPBD Pacitan)
Sebuah mobil avanza terjebak longsor di Tegalombo. (Foto : Pusdatin BPBD Pacitan)
Sebuah mobil avanza terjebak longsor di Tegalombo. (Foto : Pusdatin BPBD Pacitan)
Sebuah mobil avanza terjebak longsor di Tegalombo. (Foto : Pusdatin BPBD Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Hujan deras yang mengguyur hampir semua wilayah di Pacitan sejak awal pekan lalu menimbulkan rentetan bencana alam berupa banjir, tanah longsor dan tanah amblas. Meski tak ada laporan mengenai korban jiwa, sebanyak enam kejadian bencana alam yang menyebabkan kerugian material yang cukup banyak.

Yang cukup diapresiasi adalah kesigapan tim gabungan yang terdiri dari BPBD, Dishubkominfo, Bina Marga, TNI dan Polisi serta masyarakat setempat melakukan penanaganan terhadap bencana alam. Mulai dari pembuatan jalan darurat, pembersihan material longsor hingga pengalihan jalur lalu lintas.

Akibat banyaknya bencana yang terjadi di Pacitan, pihak UPT Bina Marga Jawa Timur sempat pusing

“Hal ini membuat kami sedikit pusing. Soalnya, yang longsor di Dusun Dagen, Desa Gemaharjo saja belum selesai, sekarang ganti yang di sini (Desa Kedungbendo, Kecamatan Arjosari). Tapi, kami lakukan secara bertahap untuk pembersihan material longsornya. Agar kendaraan bisa melintas,’’ ujar Budihari Santoso, Kasi Jalan UPT Bina Marga Provinsi Jatim wilayah XI Pacitan, baru-baru ini.

Berdasarkan catatan redaksi Portal Pacitanku, berikut enam rentetan kejadian bencana yang mengepung Pacitan selama sepekan ini:

  1. Bencana tanah longsor kembali terjadi di Dusun Dagen, lingkungan Kalipego, Desa Gemaharjo, Tegalombo Pacitan, sekitar Selasa (21/4/2015) malam WIB. Yang merupakan bencana longsor dengan material cukup banyak, bahkan menutup total jalan raya Pacitan-Ponorogo. Dalam longsor ini dua mobil sempat terjebak di tengah longsor.
  2. Sapi tersambar petir, milik milik Sudarna disambar petir di Dusun Krajan, Desa Bodag, Kecamatan Ngadirojo pada Rabu (22/4/2015) sekitar pukul 17.00 WIB.
  3. Longsor timbun lima rumah di Desa Ploso, Kec Tegalombo Kabupaten Pacitan pada Kamis (23/4/2015) sekitar pukul 03.00 WIB. Lima rumah warga yang rusak tersebut antara lain, Rumah Nardi Rt.10/19 Desa Ploso rusak berat (kerugian Rp 50 juta), Suyono Rt.05/19 Desa Ploso rusak berat (50 juta), Wagimin Rt.10/19 Ds.Ploso rusak ringan (10 juta), Paryanto rusak ringan (10 juta) dan Sardi Rt.08/19 Desa Ploso rusak ringan (10 juta).
  4. Dua rumah warga dan jalan nyaris hanyut terbawa arus sungai Bondalem di Desa Wonodadi Kec Ngadirejo Kab Pacitan pada Kamis (23/4/2015) sekitar pukul 16.00 WIB.
  5. Bencana tanah longsor juga terjadi di Desa Kedungbendo, Kecamatan Arjosari, Kamis (23/4/2015). Material longsor berupa batu bercampur tanah serta pepohonan sempat menutup akses transportasi jalan provinsi yang menghubungkan Pacitan dan Ponorogo tersebut. Akses jalan baru kembali normal setelah satu unit backhoe dikerahkan untuk melakukan pembersihan material longsor.
  6. Jalan amblas di Dusun Dondong Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo, Kamis (23/4/2015). Kerusakan jalan tersebut bisa dikatakan parah, yang semula hanya sedalam kurang lebih 50 sentimeter, namun kemarin siang terus bertambah hingga kedalaman lebih dari satu meter dan panjang 40 meter. Kondisi tersebut dikarenakan tanah di bawah jalan terus bergerak.