Masih Berlakukan Sistem Buka Tutup, Bus Besar Jurusan Surabaya Dialihkan via Wonogiri

oleh -131.093 views
Jalur amblas di Gemaharjo. (Foto: Sonny)
Jalur amblas di Gemaharjo. (Foto: Sonny)
Jalur amblas di Gemaharjo. (Foto: Sonny)
Jalur amblas di Gemaharjo. (Foto: Sonny)

Pacitanku.com, TEGALOMBO – Tiga titik longsor dan tanah amblas yang berada di Tegalombo, masing-masing berada di Ploso, Kalipego dan Dondong, Gemaharjo, Tegalombo membuat jalur utama Pacitan-Ponorogo belum bisa dilewati untuk kendaraan berat, seperti truk trailer dan bus besar.

Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pacitan melarang kendaraan berat melintasi jalur tersebut. Kepala Pelaksana BPBD Pacitan Tri Mujiharto menuturkan, larangan tersebut juga disebabkan banyaknya titik longsor di jalur utama ini, meski tidak separah di kalipego, Gemaharjo.

“Ada jalan yang retak sebagian di Dusun Ndondong. Kendaraan roda empat sampai truk masih bisa melintas, tapi kendaraan berat dan bus tidak bisa, cukup berbahaya,” tandasnya.

Pihak terkait pun sudah melakukan usaha pembersihan dan perbaikan jalan amblas yang terletak di utara sub terminal Gemaharjo tersebut. “Progres perbaikan jalan ambles di Km 228 (dondong) dan pembersihan longsoran tebing di Km. 233 sudah separo badan jalan. Pengguna diharap hati-hati bila melintas,” ucap Widy Sumardji, Kepala Dishubkominfo, Sabtu (25/4/2015).

Kasat Lantas Polres Pacitan AKP Samsul Hadi menyatakan, terkait longsor yang terjadi di banyak titik, saat ini Polres Pacitan memberlakukan bukatutup arus di lokasi longsor, terutama di Desa Gemaharjo. Sebab, materialnya sangat banyak dan menutupi jalan hingga lebih dari 100 meter.

Kendaraan berat disarankan melalui jalur lain, seperti lewat Purwantoro, Wonogiri, Jawa Tengah. Dia menyatakan, para pengendara masih harus waspada dengan longsor yang bisa terjadi lagi karena curah hujan masih tinggi.

“Kami pun telah berkoordinasi dengan Satlantas Polres Ponorogo, di antaranya, mempersiapkan rambu pengalihan jalur seperti yang selama ini telah kami lakukan bersama. Begitu jalur putus, Polres Ponorogo akan mengarahkan ke jalur yang bisa dilalui,” katanya.

Seruan untuk pemindahan jalaur ini disambut positif oleh perusahaan bus. Bus Aneka Jaya jurusan Pacitan-Surabaya, misalanya, setelah adanya pelarangan kendaraan berat melewati jalur Gemaharjo, kemudian mengalihkan armadanya untuk melewati jalur Pacitan-Ngadirojo-Purwantoro-Ponorogo-Surabaya.

“BESOK malam (malam ini-red)!!! Po Aneka Jaya AC Tarif Biasa Pacitan Surabaya BEROPERASI. Via Ngadirojo. Tiket Rp. 70.000,” kata akun @POAnekaJaya via twitter.

Pemberangkatan bus besar jurusan Surabaya tersebut akan dilaksanakan malam ini pada pukul 21.00 WIB di Terminal Pacitan. (RAPP002)