UN SMA di Pacitan: Tiga Siswa Tak Ikut Ujian Karena Menikah, Peserta SLB Hanya Satu Orang

oleh -131.622 views
Pelaksanaan UN SMA relatif lancar. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)
Pelaksanaan UN SMA relatif lancar. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)
Pelaksanaan UN SMA relatif lancar. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)
Pelaksanaan UN SMA relatif lancar. (Foto: Humas Pemkab Pacitan)

Pacitanku.com, PACITAN – Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) SMA/sederajat di Kabupaten Pacitan pada Senin (13/4/2015) kemarin berjalan relatif lancar. Namun demikian, ada kejadian cukup unik dimana tiga siswa di SMK PGRI Donorojo tidak ikut UN karena alasan menikah.

Menurut Kepala Sekolah SMK PGRI Donorojo, Tumadi, dari 108 siswa yang terdaftar ikut unas, tiga diantaranya tidak hadir karena memilih menikah, ketiganya juga sudah satu semester tidak masuk sekolah.

Terkait kejadian ini, Ridy Hariyanto, Sekretaris Dinas Pendidikan mengaku prihatin. Dirinya berharap agar siswa yang tidak ikut unas tersebut dapat mengikuti ujian paket C.

Selain fenomena tak ikut UN karena menikah, pelaksanaan UN di Pacitan juga diikuti Sekolah Luar Biasa (SLB), yaitu SLB Tunas Bangsa Punung. Yang menarik, hanya satu siswa SLB yang mengikuti ujian tingkat SMA atas nama Agus Tri Widodo. Agus adalah seorang penyandang tuna rungu yang mengenyam pendidikan di SLB Tunas Bangsa Punung.

Menurut Kepala Sekolah SLB Tunas Bangsa, Siti Khomsiah, UN tahun ini sebenarnya hampir sama dengan tahun sebelumnya. Peserta sempat kesulitan dalam memahami kalimat dalam soal mata pelajaran bahasa Indonesia itu, demikian juga dengan soal matematika.

“Cukup sulit bagi siswa memahami memahami soal ujian, sehingga banyak jawaban yang kurang nyambung dengan soal,” jelas Siti Khomsiah.

Di SLB Tunas Bangsa sendiri terdapat 12 siswa yang terdiri dari tuna rungu dan tuna daksa. Hanya saja tahun ini, siswa yang ikut unas di tingkat SLTA hanya satu orang.

Sementara, UN tingkat SMA/sederajat akan berlangsung sampai hari Kamis mendatang. UN untuk SMA/ sederajat di Pacitan dimulai hari senin dan akan berlangsung hingga  kamis mendatang. Sesuai data Dinas pendidikan, jumlah peserta unas tingkat SMA sederajat sebanyak 6.331 peserta. Terdiri dari SMA 1.272, MA 796,  SMK 3.292. Sedangkan kejar paket C sebanyak 942. (Arif/David/Riz/infonyapacitan/RAPP002)

Source: Infonya Pacitan