Madrasah di Pacitan Gelar Kompetisi Aksioma

oleh -101.440 views
Agenda Aksiom. (Foto : Wildan/Pacitanku)
Agenda Aksiom. (Foto : Wildan/Pacitanku)
Agenda Aksiom. (Foto : Wildan/Pacitanku)
Agenda Aksiom. (Foto : Wildan/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Lebih dari 100 sekolah Madrasah swasta dan negeri se-Kabupaten Pacitan menggelar agenda Kompetisi Seni dan Olahraga Madrasah (Aksioma), Rabu (25/3/2015) di Lapangan alun-alun Pacitan. Dalam acara yang digelar oleh Kementerian Agama (Kemenag) pacitan tersebut, Bupati Indartato menyampaikan apresiasi atas antusiasme Madrasah di Pacitan mengikuti agenda tersebut.

Agenda yang digelar hingga Kamis (26/3/2015) besok ini merupakan acara yang digelar untuk kelima kalinya tersebut merupakan ajang yang dirangkaikan dengan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama ke 70 Tahun 2015 dengan tema ”Dengan Ajang Kompetisi Seni dan Olah Raga Madrasah (AKSIOMA), Kita Wujudkan Tali Persaudaraan,Prestasi,Sportifitas,Kreatifitas Siswa Madrasah Untuk Menggapai  Insan Yang sehat,Cerdas,Terampil dan Berakhlakul Karimah”.

“Kedepan, terkait biaya aksioma agar kepada ketua DPRD, dinas pendidikan dan kepala disbudpora tahun depan untuk menganggarkan dana hibah dari pemda,” kata Bupati Indartato.

Kegiatan ini sendiri diawali dengan pembukaan dengan menaikkan balon udara dari bupati dan pemberian cindermata dari peserta aksioma berupa akik gasper. kemudian dilanjutkan dengan pawai kontingen dengan menampilkan kreatifitas seni masing masing kecamatan.

“Kegiatan ini ada dua kategori yakni Kategori Olahraga yang mempertandingkan 7 cabang olahraga, dan lima perlombaan untuk kategori seni Yang dikuti oleh madrasah ibtidaiyah se kab.pacitan, tiap kecamatan 85 peserta dan pendamping, sementara untuk umber dana mandiri Kemenag Pacitan,” kata Muhammad Nurul Huda, Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Pacitan yang juga Ketua Panita saat memberikan sambutannya.

Adapun cabang olahraga dan seni yang dipertandingan dan dilombakan adalah Bola Volly (putra dan putri), Tenis Meja (tunggal dan ganda) putra dan putri, Bulu Tangkis (tunggal) putra dan putri, Lari sprint (PI=60 m,PA= 80 m) putra dan putri, Lompat Jauh (putra dan putri), Tolak Peluru (putra dan putri) dan Catur (putra dan putri).

Sementara untuk kategori seni, yang dilombakan adalah kaligrafi, Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ), pidato 3 bahasa, melukis dan paduan suara.

Rencananya, untuk pemenang dari masing-masing cabang olah raga dan seni akan mewakili kabupaten pacitan untuk dikompetisikan di kegiatan aksioma tingkat provinsi jatim. Kompetisi tingkat provinsi akan digelar pada bulan april mendatang di Kabupaten Gresik. (Wildan/RAPP002)

Liputan : Wildan Nur Swi Harmoko

Editor : Robby S Agustav