Jumlah Penderita DBD di Pacitan Capai 573 Orang

oleh -10635 views
Ilustrasi Penderita DBD
Ilustrasi Penderita DBD
Anak SD di Pacitan melakukan pemantauan jentik nyamuk. (Foto : Ari P)
Anak SD di Pacitan melakukan pemantauan jentik nyamuk. (Foto : Ari P)

Pacitanku.com, PACITAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pacitan nampaknya harus terus berusaha keras untuk mencegah semakin berkembangnya wabah penyakita Demam Berdarah Dengue (DBD) di Pacitan pada tiga bulan awal di Tahun ini.

Data terbaru dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pacitan menyebutkan, sejak 1 Januari hingga 20 Maret 2015, jumlah penderita DBD di Pacitan mencapai 573 orang.

“Jumlah tersebut dengan rincian pada bulan Januari sebanyak 284 penderita, februari 213 penderita dan Maret sebanyak 76 penderita, total penderita tersebut yang dirawat di Rumah Sakit, Puskesmas maupun klinik swasta,” kata Ari Priyambodo, Bidang Promkes Dineks Pacitan kepada Portal Pacitanku, Selasa (24/3/2015).

Jumlah kasus tersebut bisa terus bertambah. Sebab, awal tahun merupakan periode rentan terjangkit penyakit dari Aedes aegypti itu.

Dinkes pun terus mengupayakan berbagai cara untuk melakukan pemberantasan penyakit mematik itu, salah satunya menggalakkan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

“Hari ini bidang kami menggelar refresh kader Desa Siaga dengan tujuan menggiatkan PSN di desa masing – masing,” imbuhnya.

Selain melibatkan kader desa Siaga dan struktural, Dinkes juga melibatkan dunia pendidikan di Pacitan.

“Anak-anak SD kelas III hingga kelas V kita libatkan untuk melakukan kegiatan pemantauan jentik nyamuk, dalam rangka pencegahan DB sampai musim hujan berlalu, tentu hal tersebut sesusai program pemkab pacitan Gertak PSN ,” pungkasnya. (RAPP002)

Reporter : Dwi Purnawan

Editor : Robby S Agustav