Begini Rencana Pengembangan Parai Teleng Ria

oleh -101.734 views
Pantai Teleng RIa terus dikembangkan. (Foto : DOk.Pacitanku)
Pantai Teleng RIa terus dikembangkan. (Foto : DOk.Pacitanku)
Pantai Teleng RIa terus dikembangkan. (Foto : DOk.Pacitanku)
Pantai Teleng RIa terus dikembangkan. (Foto : DOk.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Seiring perkembangan zaman, obyek wisata Parai Teleng Ria terus mengalami perkembangan pesat. Hal itu dikarenakan pengelolaan yang sistematis dan profesional yang dikelola dan digawangi oleh  PT El John. Perusahaan yang baru meneken kontrak dengan pemerintah kabupaten (Pemkab) Pacitan beberapa waktu lalu inipun terus menjadikan parai Teleng Ria menyesuaikan dengan zaman.

Salah satu yang terus dikembangkan adalah pengelolaan wisata pantai yang sesuai dengan zaman, seperti program wisata kuliner, program barbeque, akses wifi, hingga pengelolaan hotel dan villa.

“Pengembangan Parai Teleng Ria sendiri kedepan memandang kebutuhan yang penting, jadi tidak sekedar mengembangkan, seperti meeting room, waterpark, pos berjemur, kemudian program live music, semuanya kita kembangkan karena masing – masing wisata tersebut, baik kuliner, hobi, olahraga maupun pantai, mempunyai pangsa pasar tersendiri,” jelas Ucuk Basuki Tri Jatmiko, Assisten GM PT El John, kepada Portal Pacitanku, Kamis (12/3/2015).

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Cak Ucuk ini menyampaikan bahwa program pengembangan itu tidak hanya berlaku untuk pengembangan yang bersifat fisik pantai saja, akan tetapi pihak PT El John juga memperhatikan aspek Sumber Daya Manusia (SDM). Dikatakan Ucuk, tidak akan seimbang jika pengelolaan obyek wisata hanya terpaku pada fisiknya saja.

“Untuk pedagang yang berada di kawasan Parai Teleng Ria, ada seratusa lebih, semuanya kita jadikan mitra, sementara itu untuk para karyawan, kita laksanakan program karyawan mendidik seperti kita latih Barista ahli meracik minuman, kemudian mengajari koki dan chief profesional, dan berbagai program lainnya,” papar pria asal Kota Surabaya ini.

Nama Parai Teleng Ria

Sementara itu, program marketing juga terus menjadi fokus pengembangan PT El John, salah satunya adalah program penamaan pantai. Sebagaimana diketahui, banyak masyarakat Pacitan dan sekitarnya masih rancu soal nama, yang disebut dengan Parai Teleng Ria.

“Nama itu tidak menggantai Pantai menjadi Parai, tetapi penamaan itu adalah merek saja, yang filosofinya berasal dari sirip ikan tengiri yang bernama parai Tengiri, sehingga saya kira hal itu tidak perlu untuk menjadi masalah berarti,” tandas Ucuk.

Terkait keamanan, pihak pengelola juga masih menjalin kerjasama dan kemitraan dengan lifeguard Teleng Ria. “Ada tiga orang tim intinya, sementara jika pengunjung ramai, kita datangkan dari pemuda setempat,” pungkasnya. (DPPP001)