Pilkada Pacitan : Nasdem Utamakan Calon yang Memiliki Elektabilitas Tinggi

oleh -Dibaca 903 kali
Eko hadi Susilo Nasdem Pacitan. (Foto: Istimewa)

eko hadi susilo nasdem pacitanPacitanku.com, PACITAN – Gelaran Pemilihan umum Kepala Daerah (Pemilukada) Bupati Pacitan yang akan berlangsung akhir tahun ini membuat suasanan politik di Pacitan pelan – pelan mulai menghangat. Meski Partai Demokrat sebagai partai pemenang Pemilu di Pacitan belum secara resmi mendeklarasikan calon Bupati, namun sejumlah Partai lain mulai saling merapat dan mencari kawan koalisi.

Salah satu Partai yang terus melakukan komunikasi adalah Partai Nasional Demokrat (Nasdem). Partai yang dipimpin oleh bos Media Indonesia, Surya Paloh ini disebut mengarahkan koalisinya kepada Partai Demokrat yang ada kemungkinan masih akan mencalonkan Bupati Drs H Indartato, MM sebagai calon kuat Bupati Pacitan.

“Sebenarnya belum resmi kami akan merapat ke Partai Demokrat, namun memang kami mengutamakan bahwa calon bupati nanti adalah tokoh yang memiliki tingkat elektabilitas yang tinggi, dan hingga saat ini yang berkembang di kalangan masyarakat bawa sosok Indartato yang notabene adalah Ketua DPC Partai Demokrat masih memiliki elektabilitas tersebut,” kata Eko Hadi Susilo, S.SI, MM, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Nasdem Pacitan, saat dikonfirmasi Portal Pacitanku, Sabtu (7/3/2015).

Lebih lanjut, Eko menyampaikan bahwa meski partainya pada Pilpres lalu masuk dalam Koalisi Indonesia Hebat (KIH), namun di tingkat daerah tidak ada arahan khusus dari pusat bahwa partainya harus tetap dalam gerbong KIH.

“Tidak ada itu mas, karena bagi kami yang terpenting, sesuai jargon Nasdem yakni gerakan restorasi atau perubahan, maka dengan siapapun kami berkoalisi, asalkan mengutamakan kepentingan rakyat, apakah itu dari KIH atau dari partai lainnya, “ kata pria yang duduk sebagai Aleg DPRD Pacitan ini.

Partai Demokrat sendiri hingga saat ini masih kalem menyikapi peta politik di pacitan. Indartato yang notabene masih menjadi calon terkuat juga belum secara resmi menentukan sikap politik terkait Pilkada Pacitan. Indartato menyebut masih menunggu rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) terkait sikap politik partainya.

Sejumlah partai lain juga terus menghangatkan suhu politik di Pacitan, seperti PDI Perjuangan yang lebih condong berkoalisi dengan Partai Hanura sebagai mitra koalisi. Tokoh PDIP yang juga juragan akik Kecamatan Donorojo, Mardiyanto juga memberikan sinyal akan maju lagi, meski dirinya sudah mengkapling posisi Wakil Bupati. Sementara, Ketua DPD Partai Golkar Effendi Budi Wirawan juga melontarkan sinyal akan mendaftar sebagai bakal calon bupati. (DPPP001)