Sejumlah Partai Mulai Ancang – ancang Siapkan Pilbup Pacitan 2015

oleh -10737 views
Nuansa Pilkada 2010 di Pacitan. (Foto : Dok.Pacitanku)
Nuansa Pilkada 2010 di Pacitan. (Foto : Dok.Pacitanku)
Nuansa Pilkada 2010 di Pacitan. (Foto : Dok.Pacitanku)
Nuansa Pilkada 2010 di Pacitan. (Foto : Dok.Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN – Kurang dari 10 bulan agenda Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Pacitan akan digelar. Sejumlah partai pun mulai melakukan langkah – langkah persiapan guna menyemarakkan pesta demokrasi yang digelar di kampung halaman Presiden RI keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini pada Desember 2015 mendatang.

Meski belum ada tanda – tanda resmi Bupati Pacitan Indartato bakal mencalonkan lagi, sejumlah partai pun mulai ancang – ancang untuk mempersiapkan agenda politik lima tahunan ini. salah satunya adalah PDI Perjuangan Pacitan.

Menurut Ketua Pengurus Anak Cabang PDIP wilayah Kecamatan Ngadirojo, Heru Setyanto, PDIP tengah melakukan berbagai persiapan, salah satu agenda pentingnya adalah rapat internal yang direncanakan digelar pada hari rabu kemarin. Ia juga mengisyaratkan bahwa PDIP membuka peluang bagi siapapun bakal calon yang ingin maju melalui kendaraan PARPOL pemenang Pemilu 2014 lalu.

Heru pun menegaskan bahwa baik kader maupun Non Kader PDIP memiliki peluang yang sama untuk maju sebagai Calon Kepala Daerah melalui PDIP.

“Hanya saja karena perolehan Kursi PDIP di DPRD Pacitan, kurang dari 20 persen, maka PDIP dipastikan berkoalisi dengan Partai Politik lainnya, ada peluang besar Koalisi Indonesia Hebat bergabung dengan PDIP dalam Pilkada mendatang,” katanya, seperti dilansir dari JTV Pacitan, Kamis (5/3/2015).

PDIP sendiri pada Pilkada 2010 lalu hanya menduduki peringkat dua Pillkada Pacitan setelah calon yang diusungnya, yakni Aziz Ahmadi – Mardiyanto hanya mendapatkan 27,25% atau 75.499 suara. Pasangan Aziz-Mardiyanto diklahkan oleh pasangan Indartato-Prayitno yang sukses meraup 65,48 % atau 190.520 suara. Sementara peringkat bunciti diduduki Nur Tjahjono-Masruri Abdul Ghoni dengan 7,44 % atau 21.696 suara.

Pasangan yang diusung PDIP sendiri hanya menang di Kecamatan Donorojo, sementara Indartato-Prayitno yang diusung Partai Demokrat, PKS, PPP dan Hanura unggul di 11 kecamatan di Pacitan.

Sebagaimana diketahui, Kecamatan Donorojo sendiri memang menjadi basis kekuatan utama PDIP Pacitan. Salah satunya adalah akena faktor Mardiyanto yang merupakan Anggota DPRD yang berasal dari Desa Gendaran, Donorojo. Dalam momentum Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun lalu, PDIP juga sukses memenangkan pasangan Jokowi-JK di Donorojo.

Ada Wacana Jalur Independen

Selain PDIP yang tengah mempersiapkan, ada juga wacana muncul bahwa dua Anggota DPRD Pacitan saat ini, Rudi Hartoyo dan Pudjo Setyo Raharjo akan maju menjadi Cawabup dari jalur independen. Sementara dari partai lainnya, Ketua DPD Partai Golkar Pacitan, Efendi Budi Irawan, tengah bersiap maju sebagai Bakal Calon Kepala Daerah Desember mendatang. (RAPP002)