Jalur Pacitan-Ponorogo di Gemaharjo Terancam Putus

oleh -101.409 views
Perbaikan tanah amblas di slahung (Foto : Kamal/Siaga)
Perbaikan tanah amblas
Perbaikan tanah amblas di slahung (Foto : Kamal/Siaga)
Perbaikan tanah amblas

Pacitanku.com, TEGALOMBO – Jalan Provinsi yang terdapat di Dusun Sedayu, Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo terancam putus dikarenakan amblas.

Jalan yang terletak di dekat perbatasan Pacitan-Ponorogo itu hingga Senin (2/3/2015) belum ada penanganan berarti dari pihak terkait. Ditengarai, amblesnya jalan itu terjadi pekan lalu setelah hujan deras mengguyur wilayah tersebut. Pihak UPT Bina Marga Provinsi Jawa Timur XI Wilayah Pacitan hanya memasang tanda peringatan.

Sekretaris Daerah Pacitan, Drs. Suko Wiyono, MM saat dimintai keterangan terkait amblasnya jalan ini mengakui dikarenakan labilnya tanah di kawasan tersebut. “Meski jalan tersebut jalan provinsi yang menjadi tanggung jawab pihak pemprov, namun coba nanti kita lakukan penanganan lebih lanjut agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan,” katanya kepada Portal Pacitanku, belum lama ini.

Kondisi terkini jalur tersebut, pembatas jalan pun hancur lantaran tergerus longsor, akibatnya, arus lalu lintas terganggu karena sebagian badan jalan tertutup material longsor sepanjang kurang lebih 40 meter.

Sebagaimana diketahui, jalan yang terletak disamping sebuah masjid tersebut memang sering amblas. Jalan tersebut sempat amblas hingga 20 cm, namun kemudian Dinas PU mengaspal, namun akhirnya karena kontur tanah labil, jalan tersebut amblas lagi. (RAPP002)