Ini Mimpi Presiden RI Keenam Asal Pacitan Tentang Masa Emas Indonesia 2045

oleh -0 Dilihat
SBY
SBY
SBY
SBY (Foto : Antara)

Pacitanku.com, SURABAYA—Presiden Indonesia keenam, Prof. Dr. H Susilo Bambang Yudhoyono mengajak segenap masyarakat Indonesia untuk selalu membangun optimisme dan keyakinan bahwa Indonesia akan menuju masa emas pada tahun 2045.

Oleh karena itu, presiden kelahiran Tremas, Arjosari, Pacitan ini menyarankan bahwa menunjang mimpi tersebut, diperlukan sistem ketatanegaraan dan pemerintahan yang didasarkan pada nilai-nilai kejujuran, keadilan, serta peran aktif seluruh komponen bangsa.

“Saya pernah menulis sebuah artikel pendek tentang Indonesia setelah satu abad merdeka, Indonesia di tahun 2045. Visi yang saya bangun untuk Indonesia pada tulisan itu adalah Indonesia yang berhasil menjadi negara yang kuat dan modern,” kata SBY saat memberikan Kuliah Umum di acara Pengukuhan Penerimaan Mahasiswa Baru Program Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor di Aula Garuda Mukti Universitas Airlangga, Selasa (10/2), dilansir dari laman Pemprov Jatim.

Dalam visi yang dibuat SBY, Indonesia harus memiliki tiga kekuatan utama, diantaranya pertama, ekonomi kuat dan berkeadilan serta berkelanjutan sehingga membuat rakyat semakin sejahtera adil dan makmur sebagaimana yang diamanatkan oleh UUD 1945.

Kemudian yang selanjutnya adalah demokrasi yang kuat, stabil  dan berkualitas sehingga politik di Indonesia benar-benar membawa manfaat dan kebaikan berasama. Ketiga, peradaban bangsa yang semakin unggul dan maju, di dalam dirinya mengandung potensi sekaligus kekuatan untuk  menjadi negara maju.

Pada masa emas Indonesia pada 2045, SBY mengingatkan  tidak akan datang dengan sendirinya namun harus terus diupayakan dan perjuangkan.

“Masa emas tidak datang dari langit, jalan yang akan kita lalui bukanlah jalan yang lunak bisa saja kita gagal ditengah jalan. Oleh karena itu menuju transformasi besar Indonesia diperlukan visi dan strategi besar yang kemudian dijalankan oleh segenap komponen bangsa yang benar-benar mau bersatu dan bekerja keras,” ucapnya.

Dikatakan SBY, bangsa yang besar haruslah berpikir besar dan sanggup pula untuk berbuat hal besar. Pesan ini harus hidup selamannya dan terus menjadi jiwa generasi penerus bangsa. Ia meyakini masa kejayaan akan benar-benar diraih apabila pemerintah bersama rakyat mau berpikir cerdas dan bekerja keras.

“Bukan hanya pandai berteori dan beretorika. Roda pemerintah juga hendaknya dijalankan dengan baik dan benar dibawah kepemimpinan putra putri terbaik bangsa yang visioner, cakap dan dedikatif,” pungkasnya. (Jatimprov/RAPP002)