Kronologi Evakuasi 1440 Peserta Kemah EJSC Pacitan Akibat Banjir

oleh -101.747 views
Evakuasi peserta kemah ESJC Pacitan dari Pancer. (Foto : Syams)
Evakuasi peserta kemah ESJC Pacitan dari Pancer. (Foto : Syams)
Evakuasi peserta kemah ESJC Pacitan dari Pancer. (Foto : Syams)
Evakuasi peserta kemah ESJC Pacitan dari Pancer. (Foto : Fajar K)

Pacitanku.com, PACITAN – Kegiatan kemah bakti East Java Scout Challenge (ESJC) Pacitan yang digelar sejak Sabtu (7/2/2015) lalu sedikit mengalami hambatan setelah pada Rabu (11/2/2015) kota Pacitan diguyur hujan deras. Hujan yang terjadi sejak pukul 19.00 WIB hingga saat ini tersebut merupakan hujan intensitas sedang dan tinggi yang merata disleuruh wilayah di Pacitan.

Dampak dari hujan deras tersebut, terjadi genangan air dengan tinggi 20 – 40 cm. Salah satu yang terdampak adalah lokasi Bumi Perkemahan Pancer Dorr, dimana sebanyak 1440 anak – anak pramuka peserta ESJC akhirnya harus dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

“Total peserta yang ikut acara tersebut adalah 1660 anak, terdiri dari 840 peserta putri dan 820 peserta putra. Tadi pada saat proses evakuasi, yang kita evakuasi sebanyak 1440 peserta ke rumah warga dan sebagian di.bawa ke GOR dan sisanya tidak mau di evakuasi di perkemahan putri,” tutur Syamsoel Hadi, salah satu tim tanggap darurat dari Pemadam Kebakaran (Damkar) Pacitan, saat menceritakan kronologi evakuasi kepada Portal Pacitanku, Rabu malam.

“Dalam evakuasi tersebut, kita mengerahkan seluruh elemen SKPD yang siap di lokasi, termasuk truk serbaguna BPBD Pacitan, truk Satpol PP, truk dinas sosial, truk Polres, truk Kodim, bus Pemda, ambulance  Dinas Kesehatan (dinkes), ambulance RSUD, ambulance PMI dam ambulance dari beberapa partai politik  masih stanby di lokasi,” paparnya.

Saat ini, kata Syamsoel, selain yang dievakuasi di beberapa tempat tersebut, sisanya berjaga lokasi bumi perkemahan. “Sisanya berjaga di tenda demi keamanan mas, karena yang di evakuasi adalah peserta nya saja, sementara tenda masih belum dibongkar,” pungkasnya.

Kegiatan ESJC ini sendiri diikuti total 5000 peserta dari seluruh kecamatan di Pacitan dengan model giliran. Direncanakan, kegiatan ESJC ini akan diakhiri pada kamis (12/2/2015) esok.  (DPPP001)