Akik Pacitan Jadi Incaran Kolektor Luar Daerah

oleh -101.725 views
Salah satu warga Gendaran dan koleksi batu akik. (Foto : Dok.Pacitanku)
Salah satu warga Gendaran dan koleksi batu akik. (Foto : Dok.Pacitanku)
Akik Pacitan. (Foto : Fajar/Pacitanku)
Akik Pacitan. (Foto : Fajar/Pacitanku)

Pacitanku.com, PACITAN—Keunikan dan nilai dari batu mulia akik Pacitan ternyata bukan hanya digemari masyarakat Pacitan saja. Hal itu dipastikan setelah batu mulia asli kampung halaman Presiden RI keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini juga menjadi incaran kolektor luar daerah.

Seperti yang dilakukan Agus, salah satu pemburu batu akik dari Kota Madiun. Akik Pacitan sangat diminati karena harga dipasaran sangat menggiurkan, tergantung motif dan tekstur batu akik. “Harganya bervariasi mas, tergantung tekstur batu dan motifnya, “ kata Agus, saat dikonfirmasi Portal Pacitanku, Senin (2/2/2015) kemarin.

Hingga saat ini, animo masyarakat terhadap batu akik belum turun, tapi malah semakin meningkat. “Dari yang sudah siap pakai hingga yang baru bahan mentah yaitu batu glondongan, batu akik pacitan bervariasi harganya yang murah hingga mahal,” imbuhnya.

Memang, berbagai varian, jenis dan bentuk batu akik membuat orang cenderung memiliki banyak pilihan untuk menggunakannya. Pun demikian dengan harganya, dari yang paling murah hingga yang paling mahal semuanya tersedia. (Fajar/FBPP003)