Tahun 2016, Pacitan Miliki Museum Prasejarah

oleh -101.082 views
Situs Song Terus

Pacitanku.com, PACITAN—Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) berencana melakukan pembangunan museum prasejarah di area dekat Gua Song Terus, Desa Wareng, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan.

Rencananya, museum tersebut akan digunakan untuk menampung semua artefak hasil penelitian dan penggalian di situs tersebut sejak tahun 1994, terutama benda-benda yang membuktikan kehidupan manusia prasejarah sejak 300.000 tahun lalu.

Rencana pendirian museum itu dibahas oleh Direktur Jenderal Kebudayaan Kemdikbud Kacung Marijan, Direktur Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman Kemdikbud Harry Widianto, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Jawa Timur, dan Bupati Pacitan Indartato, di Punung, Pacitan.

“Kami ingin hasil penelitian terdokumentasi sekaligus diketahui masyarakat. Kami ingin melindungi temuan ini, sekaligus menjadikan museum sebagai pusat pendidikan,” tutur Kacung di Pacitan, baru – baru ini, dilansir dari Kompas.

Pemerintah Kabupaten Pacitan menyediakan lahan dan Kemdikbud membangun gedungnya, yakni lahan minimal 1 hektare plus dari Kemdikbud menambah 1 hektare.

Bupati Indartato pun menyepakati kerja sama ini sehingga penyusunan rencana teknis dapat langsung dilakukan pada tahun 2015. “Tahun 2016, kami bisa memulai museum,” ucap Harry.

Museum manusia prasejarah Pacitan di Desa Wareng nanti dipadukan dengan lokasi penggalian di Gua Song Terus dan Museum Buono Keling serta Gua Tabuhan yang berdekatan. Titik-titik lokasi di Kecamatan Punung ini nanti bisa menjadi satu paket wisata arkeologi. (RAPP002)