Ibas Berharap Pariwisata dan Industri Kreatif di Pacitan Terus Berkembang

oleh -13850 views
Ibas saat ke Pemandian Air Hangat Arjosari. (Foto : Didikdikacell Pejuang Ayobaipacitan)
Ibas saat ke Pemandian Air Hangat Arjosari. (Foto : Didikdikacell Pejuang Ayobaipacitan)
Ibas saat meninjau industri kreatif akik Pacitan di Donorojo. (Foto : Edhiebaskoro.com)
Ibas saat meninjau industri kreatif akik Pacitan di Donorojo. (Foto : Edhiebaskoro.com)

Pacitanku.com, ARJOSARI—Anggota Komisi X DPR RI yang juga Ketua Fraksi Partai Demokrat, Edhie Baskoro Yudhoyono (EBY) melanjutkan masa resesnya dengan melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Magetan. Sebelumnya, putra bungsu Presiden keenam Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini dua hari mengunjungi kampung halaman ayahnya tersebut, yakni Pacitan. Ibas pun siap mengembangakan Pariwisata dan industri kreatif di Pacitan. (Baca juga : Ibas Siap Kembangkan Pendidikan dan Pariwisata di Pacitan).

Saat berkunjung ke kompleks wisata Pemandian Air Panas Tirta Husada, di Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari, Pacitan, Ibas menyerap aspirasi para pengurus objek wisata dan masyarakat sekitar. Ibas pun berkeinginan dan serius untuk mengawal program-program pariwisata ditingkat pusat agar bisa tersalurkan sampai ke daerah. (Baca juga : Masa Reses Dewan, Ibas Kunjungi Sejumlah Tempat di Pacitan).

“Satu lagi potensi daerah Pacitan yang perlu diperhatikan. Saya apresiasi karena ternyata pengunjung di tempat ini bukan saja warga lokal, tetapi juga pengunjung dari kabupaten lain. Saya harap objek wisata permandian air panas ini bisa terus dikelola sebaik mungkin,” katanya.

Sebelum berkunjung ke Pemandian Air Panas, Ibas juga sempat mengunjungi obyek wisata lainnya di Pacitan, yakni Goa Tabuhan, di Desa Wareng, Donorojo. Di hadapan pengrajin batu akik di Goa Tabuhan, adik dari Agus Harimurti Yudhoyono ini melihat potensi industri kreatif dari keberadaan goa tersebut, yakni industri batu akik.

Menurutnya, potensi lokal di daerah seribu satu goa tersebut sangat prospektif menunjang perekonomian masyarakat lokal. “Terus kembangkan kreativitasnya agar semakin produktif memanfaatkan sumber daya alam yang telah tersedia dengan sebaik mungkin,” katanya.

Selain mengunjungi dua obyek wisata tersebut, sehari sebelumnya, Ibas juga meninjau salah satu pengembangan wisata taman laut di Pantai Tawang, Hadiwarno, Ngadirojo.

Kunjungan Ibas ke berbagai obyek wisata di Pacitan tersebut adalah dalam rangka reses anggota DPR RI untuk menjalankan tugas dan fungsi menyerap aspirasi masyarakat sekaligus pengawasan bidang kerja pariwisata. Seperti diketahui, Ibas adalah anggota Komisi 10 DPR RI yang membidangi pendidikan, pariwisata, pemuda dan olahraga.

Hari ini, Ibas melanjutkan resesnya ke beberapa tempat di Kabupaten Magetan. (RAPP002)